Rabu, 14 Desember 2011

Persepsi Tentang Strategi Pembelajaran Team Teaching


Setelah melewati tahun-tahun berikutnya, team teaching yang merupakan susunan gabungan antara dua guru atau lebih telah muncul dalam kegiatan belajar mengajar dibeberapa sekolah. Kehadiran dua orang guru menyampaikan pelajaran yang sama dengan cara pandang yang berbeda diharapkan dapat menjamin interaksi kelas yang lebih baik dan lebih luas serta mengarahkan pada sebuah peningkatan dalam kompetensi kecakapan siswa.
Dalam hal ini, Webster Dictionary (1986) menjelaskan bahwa persepsi diartikan sebagai sensasi fisik dalam hal pengalaman: penggabungan kesan-kesan yang diterima pancaindra dalam peristiwa-peristiwa di dunia luar oleh sebuah organisme yang sadar terutama sebagai sebuah fungsi dari pengharapan di bawah sadar yang timbul dari pengalaman masa lalu dan menyajikan sebuah dasar atau sebagai pembuktian dari tindakan selanjutnya yang bermakna dan penuh motivasi. Kesimpulannya, persepsi timbul dari pengalaman-pengalaman masa lalu dan tersaji sebagai sebuah dasar untuk kegiatan motivasi manusia. Persepsi positif mengenai team teaching kemudian memiliki nilai yang penting pada minat guru dan siswa dalam tindakan-tindakan motivasi mereka, yaitu kegiatan belajar mengajar. Ketika seseorang memiliki persepsi negatif mengenai team teaching, dia akan terus-menerus mengeluh dan menghindari diskusi mengenai team teaching. Di sisi lain, ketika guru memiliki persepsi positif mengenai team teaching, mereka tidak hanya menjalankan team teaching tetapi juga berusaha untuk menguasai pokok bahasan yang mereka ajarkan. Dan untuk siswa, mereka akan menemukan cara untuk membuat diri mereka menikmati proses belajar menggunakan team teaching, dan sebagai hasilnya, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar.


Top