Sabtu, 05 April 2014

Pengertian 4DX

4DX merupakan buah riset selama bertahun-tahun di berbagai perusahaan tingkat global, yang dilakukan oleh Stephen R. Covey.

Discipline 1 - Focus on The Wildly Important GoalsDisiplin pertama berkaitan dengan fokus. Seringkali seorang manajer menetapkan begitu banyak target sasaran, tapi kesulitan untuk meraihnya karena kehilangan fokus. Sebaiknya fokus ditujukan pada satu atau dua target yang paling penting untuk dicapai.

Discipline 2 - Act on The Lead Measure
Disiplin kedua menekankan pada konsep tolok ukur (lead measure) yang digunakan sebagai acuan dalam bertindak. terutama cara dan ukuran yang diterapkan untuk mencapai target.Discipline 3 - Keep a Compelling ScoreboardDisiplin ketiga berkaitan dengan mengelola papan skor (scoreboard), yang bertujuan memotivasi semangat tim untuk selalu menjadi pemenang.

Discipline 4 - Create a Cadence of Accountability
Jika tiga disiplin sebelumnya dikategorikan sebagai persiapan, pada disiplin keempat inilah permainan tersebut dimulai. Penting sekali untuk menciptakan irama akuntabilitas atau kesinambungan, agar tim tidak kehilangan orientasi dan tujuan.Dalam 4DX, Disiplin dianggap sebagai ‘nyawa’ dari seluruh eksekusi, karena itulah menjaga kedisiplinan menjadi tantangan terberat.

Covey membagi kedisiplinan dalam empat tahap:
4DX merupakan buah riset selama bertahun-tahun di berbagai perusahaan tingkat global, yang dilakukan oleh Stephen R. Covey.Dalam 4DX, hasil (result) dipengaruhi oleh dua unsur, yaitu hal yang bisa kita kendalikan (can control) dan tidak bisa kita kendalikan (can’t control).  Untuk mencapai hasil yang diharapkan, 4DX mengarahkan kita untuk fokus saja pada  hal-hal yang dapat kita kendalikan.

Sumber : InfoBCA No.235 Tahun 2014


Top