Rabu, 14 Desember 2011

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Strategi Pembelajaran Team Teaching Terhadap Motivasi Belajar


Dalam pendidikan, minat memainkan peranan yang penting dalam mempengaruhi untuk belajar sesuatu karena hal ini merupakan dasar dari motif belajar. Ketika pelajaran akuntansi tidak menarik bagi siswa, motivasi mereka untuk belajar cenderung relatif rendah.
Dalam belajar akuntansi, siswa harus mempunyai minat agar dapat memusatkan perhatian mereka pada pelajaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. Gazda dkk (1973:9) menyatakan bahwa kesenangan siswa pada guru merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam menciptakan situasi belajar yang efektif. Sebagai tambahan, hubungan antar individu dalam kelas menentukan apa yang disebut dengan kelompok sosial – suasana emosi, iklim kelas, suasana kelas, atau iklim kelompok (Gazda dkk, 1973:10). Suara hati kelas juga sangat penting. Siswa belajar dengan maksimal saat mereka secara emosional terlibat dalam kegiatan belajar dan mengajar dengan mempertahankan suasana kelas yang menyenangkan.
Dengan jumlah siswa yang besar dalam satu kelas, akan sulit bagi para guru untuk memberikan perhatian pada seluruh kelas. Siswa membutuhkan perhatian lebih dari guru mereka, sehingga mereka dekat secara emosional. Dengan adanya dua guru dalam kelas, diharapkan tidak ada siswa yang terasing dari guru. Selain itu dengan adanya dua guru sekaligus dapat memberikan pengetahuan berganda artinya siswa mendapatkan dua pengetahuan sekaligus dari guru team teaching yang tidak sama antar guru team teaching, karena guru mengajar secara bergantian dan saling terkait dan melengkapi, dan juga menurut Murni (2008) berpendapat team teaching memberikan bimbingan belajar yang maksimal kepada siswa. Dengan kata lain, semua siswa mendapatkan perhatian yang lebih dengan adanya dua guru akuntansi daripada hanya memiliki satu guru. Pernyataan ini diperkuat oleh Reza siswa SMA Plus Muthahhari yang menyatakan team teaching membuatnya semangat untuk belajar. Selain itu, ia juga merasakan hal yang berbeda dari adanya dua guru dalam satu pelajaran (www.google.com/smuth.net).
Kesimpulannya bahwa dengan adanya strategi pembelajaran team teaching siswa lebih termotivasi dalam belajar hal ini disebabkan adanya dua guru yang mengajar didalam kelas sehingga proses belajar mengajar lebih terkontrol dan siswa mendapatkan perhatian yang lebih karena diajar lebih dari satu guru


Top