Rabu, 14 Desember 2011

Kriteria Team Teaching


Menurut Wardani (2001:25-28), team teaching memerlukan berbagai kriteria yang harus dipenuhi agar dapat berlangsung secara efektif. Kriteria tersebut dapat dirinci dari berbagai aspek antara lain: kriteria guru, kriteria administrasi dan kriteria fasilitas/sarana.

1.  Kriteria guru
Tanpa mengecilkan peran aspek lain, guru merupakan faktor kunci dalam keterlaksanaan team teaching. Agar dapat berperan sebagai anggota team teaching yang baik, guru harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
a.       Pernah mengamati guru yang mengajar dalam tim, dan mengalami sendiri diajar oleh satu tim guru.
b.      Mempunyai kemauan atau tertarik untuk mengajar dalam tim.
c.       Mampu memberi kepercayaan kepada orang lain dan mampu memegang kepercayaan yang diberikan orang lain.
d.      Dapat saling memberi dan menerima (a lot of give and take). Dengan perkataan lain, setiap anggota tim harus siap memberi masukan dan siap menerima masukan dari partnernya.
e.       Mampu berkomunikasi secara efektif, baik dengan guru maupun dengan siswa sehingga dapat menciptakan iklim yang kondusif.
f.       Mau dan mampu memperdalam dan memperluas bidang keahliannya, sehingga ia mampu menunjukkan bahwa ia selalu berusaha berbuat yang terbaik; dan
g.      Bersikap terbuka terhadap perkembangan teknologi pembelajaran, mau dan mampu membimbing yang lebih muda, serta rendah hati tetapi tegas.
2.       Kriteria administrasi
Administrasi merupakan aspek penunjang yang memegang peran penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Agar team teaching dapat dikelola dengan baik, penyusunan jadwal mengajar harus diperhatikan oleh bagian administrasi akademik. Demikian pula dengan penyerahan nilai, yang mungkin berasal dari setiap anggota tim, harus mendapat penanganan yang sungguh-sungguh agar tidak merugikan siswa. Dalam hal ini, setiap anggota team teaching harus menunjukkan kerjasamanya, sehingga hambatan administratif dapat diatasi.
3.      Kriteria fasilitas/sarana
Pelaksanaan team teaching sering memerlukan sarana/fasilitas khusus seperti sejumlah ruang kelas dengan perlengkapannya, OHP, atau alat praktik yang lain. Team teaching akan terlaksana dengan efektif, jika sarana dan fasilitas yang diperlukan tersedia tepat waktu. Oleh karena itu, para guru anggota tim harus menyampaikan sarana/fasilitas yang diperlukan kepada bagian perlengkapan atau bagian lain yang berurusan dengan sarana dan fasilitas.


Top