Menurut Wardani (2001:25-28), team teaching
memerlukan berbagai kriteria yang harus dipenuhi agar dapat berlangsung secara
efektif. Kriteria tersebut dapat dirinci dari berbagai aspek antara lain:
kriteria guru, kriteria administrasi dan kriteria fasilitas/sarana.
1. Kriteria
guru
Tanpa mengecilkan peran aspek lain, guru merupakan
faktor kunci dalam keterlaksanaan team teaching. Agar dapat berperan
sebagai anggota team teaching yang baik, guru harus memenuhi kriteria
sebagai berikut :
a. Pernah mengamati guru yang
mengajar dalam tim, dan mengalami sendiri diajar oleh satu tim guru.
b. Mempunyai kemauan atau
tertarik untuk mengajar dalam tim.
c. Mampu memberi kepercayaan
kepada orang lain dan mampu memegang kepercayaan yang diberikan orang lain.
d. Dapat saling memberi dan
menerima (a lot of give and take). Dengan perkataan lain, setiap anggota
tim harus siap memberi masukan dan siap menerima masukan dari partnernya.
e. Mampu berkomunikasi secara
efektif, baik dengan guru maupun dengan siswa sehingga dapat menciptakan iklim
yang kondusif.
f. Mau dan mampu memperdalam dan
memperluas bidang keahliannya, sehingga ia mampu menunjukkan bahwa ia selalu
berusaha berbuat yang terbaik; dan
g. Bersikap terbuka terhadap
perkembangan teknologi pembelajaran, mau dan mampu membimbing yang lebih muda,
serta rendah hati tetapi tegas.
2. Kriteria administrasi
Administrasi merupakan aspek penunjang yang
memegang peran penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Agar team teaching
dapat dikelola dengan baik, penyusunan jadwal mengajar harus diperhatikan oleh
bagian administrasi akademik. Demikian pula dengan penyerahan nilai, yang
mungkin berasal dari setiap anggota tim, harus mendapat penanganan yang
sungguh-sungguh agar tidak merugikan siswa. Dalam hal ini, setiap anggota team
teaching harus menunjukkan kerjasamanya, sehingga hambatan administratif
dapat diatasi.
3. Kriteria fasilitas/sarana
Pelaksanaan team teaching sering memerlukan
sarana/fasilitas khusus seperti sejumlah ruang kelas dengan perlengkapannya,
OHP, atau alat praktik yang lain. Team teaching akan terlaksana dengan
efektif, jika sarana dan fasilitas yang diperlukan tersedia tepat waktu. Oleh
karena itu, para guru anggota tim harus menyampaikan sarana/fasilitas yang
diperlukan kepada bagian perlengkapan atau bagian lain yang berurusan dengan
sarana dan fasilitas.