Senin, 09 Oktober 2017

12 Biaya Kartu Kredit Yang Perlu Kita Ketahui

Kartu kredit memang memberikan kemudahan bagi kita untuk bertransaksi, baik pembayaran secara langsung atau melalui media online. Selain itu, seringkali kartu kredit juga memberikan penawaran yang sangat menarik, mulai dari diskon produk yang besar hingga bonus-bonus yang menguntungkan.

Akan tetapi tidak jarang kartu kredit dapat menimbulkan pertanyaan di benak kita. Tagihan apa saja yang ada pada kartu kredit? karena seringkali, meskipun kita membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, kadangkala masih saja ada biaya tambahan. Oleh karena itu, berikut bentuk tagihan yang ada pada kartu kredit:

1. Biaya Tahunan

Biaya tahunan dibebankan ke dalam tagihan pertama saat kita menggunakan kartu kredit. Kemudian, dibayar ketika kita telah menggunakan kartu kredit selama 1 tahun. Biaya ini berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya. Besaran biaya tahunan yang dikenakan pun berbeda-beda tergantung bank yang menerbitkannya.

2. Biaya Materai

Saat batas tertentu pemakaian kartu kredit, kita akan dikenai biaya materai. Nilainya sekitar Rp 3.000.000 atau Rp 6.000.000 tergantung jumlah pembayaran tagihan yang diminta bank. Terlihat kecil, namun ada baiknya untuk disiapkan.

3. Biaya Bunga

Saat kita membeli sebuah barang dengan sistem kredit, biasanya bank akan mengenakan sistem bunga. Batasan biaya bunga kredit ini diatur oleh Bank Indonesia dengan jumlah yang bisa berubah mengikuti kebijakan yang dikeluarkan. Besaran bunga maksimum pada Januari 2017 adalah 2,25%  per bulan atau 27% per tahun.

4. Biaya Keterlambatan

Biaya keterlambatan dikenakan jika kita terlambat melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang telah ditetapkan. Biasanya sekitar 3% dari total tagihan. Namun, beberapa penerbit kartu kredit ada yang menetapkan dengan batas maksimum.

5. Biaya Kelebihan Pemakaian (Over Limit)

Apabila pemakaian kartu kredit yang kita miliki melebihi batas limit yang sudah diberikan, kita biasanya akan didenda dengan biaya tambahan.

6. Biaya Tarik Tunai

Jika menarik uang tunai dengan kartu kredit, biasanya kita akan dikenakan bunga antara 3-6% dari jumlah uang yang ditarik. Besar kecilnya bunga tergantung dari bank yang memberikan. Jika sering menggunakan fasilitas ini, sebaliknya kita memilih bank dengan bunga tarik tunai yang lebih rendah.

7. Biaya Konversi Mata Uang Asing

Jika kita memiliki hobi jalan-jalan atau urusan bisnis ke luar negeri, penggunaan kartu kredit sering menarik biaya untuk konversi mata uang asing. Hal yang sama pun berlkau jika kita melakukan belanja online di situs luar negeri.

Namun, kita tidak perlu khawatir. Kadang kala, kartu kredit juga menyediakan kemudahan untuk bertransaksi di luar negeri. Bisa jadi kartu kredit kita menawarkan nilai tukar mata uang dengan nilai yang bersaing. Sehingga, kita tidak mengalami kerugian. Untuk itu, kita perlu mencari tahu promosi yang berhubungan dengan biaya ini.

8. Biaya Keterlambatan Membayar Tagihan

Jika kita terlambat membayar tagihan, kita akan dikenakan denda sebanyak 3% dari jumlah toal tagihan. Jadi, pastikan untuk tidak telat dalam bayar tagihan.

9. Biaya Untuk Salinan Tagihan

Salinan tagihan pun menjadi beban yang perlu kita bayar. Besarannya sekitar 5 ribu sampai 35 ribu rupiah. Itu pun tergantung jenis kartu kredit kita. Untuk menyiasatkan, kita dapat meminta salinan tagihan melalui surel (e-mail).

10. Biaya Penggantian Kartu

Jika kartu kita hilang atau rusak, kita harus membayar biaya pergantian kartu baru. Harganya tergantung kebijakan masing-masing bank.

11. Biaya Pembatalan Cicilan

Biaya ini dikenakan bila kita melakukan pelunasan awal transaksi cicilan sebelum jangka waktu cicilan berkahir. Besar biaya ini berbeda untuk masing-masing penerbit kartu. Berkisar antara 2 ratus ribu hingga dua ratus lima puluh ribu rupiah.

12. Biaya Pengembalian Cek/ Giro

Biaya ini dikenakan jika kita membayar tagihan kartu kredit denga cek/giro yang harus di proses melalui kliring. Biasanya, biaya kurang lebih Rp 25.000

Setelah mengetahui apa saja biaya yang dikenakan pada kartu kredit, selanjutnya kita perlu mempertimbangkan ulang untuk memiliki atau memperpanjangnya. Hitung biaya-biaya tagihan kartu kredit tersebut apakah sebanding denga keuntungan yang kita dapatkan.

Sumber:
https://www.cermati.com/artikel/12-biaya-kartu-kredit-yang-perlu-anda-ketahui


from HOT COFFEE http://razzratu.blogspot.com/2017/10/12-biaya-kartu-kredit-yang-perlu-kita_9.html


Top