Jumat, 27 Juni 2014

STRATEGI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN

· Strategi pembangunan seimbang adalah strategi dorongan besar-besaran (big push theory), dimana dibutuhkan perhatian yang serasi dengan semua sector dalam pembangunan ekonomi. Ini membutuhkan perencanaan yang sangat matang dan dana pembangunan yang besar.

· Strategi pembangunan yang tidak seimbang adalah strategi pembangunan dengan cara memilih sector prioritas. Industri satelit haruslah didahulukan karena memberikan dorongan yang besar terhadap industry yang lain.

· Strategi upaya minimum kritis merupakan strategi yang mengharuskan dorongan pendapatan per kapita di atas minimum tertentu agar perekonomian berjalan mandiri, yaitu melewati faktor-faktor yang bisa menghambat pembangunan. Rangsangan harus lebih besar daripada hambatan.

· Dalam teori pertumbuhan baru, mengacu pada model Romer, dimana peran teknologi dalam industrialisasi dimana diasumsikan setiap industri mempunyai constan return to scale.

· Sedangkan dalam model cincin O dari Kremer, menjelaskan mengapa negara-negara yang terjebak dalam lingkaran kemiskinan mempunyai pendapatan yang luar biasa rendah disbanding dengan negara maju. Model ini menjelaskan mengapa negara-negara yang terjebak dalam lingkaran kemiskinan mempunyai pendapatan yang luar biasa rendah disbanding dengan negara maju. Model ini menjelaskan bahwa menjelaskan bahwa spesialisasi, ketrampilan kerja dan teknologi berperan dalam meningkatkan pendapatan perkapita. Model ini menjelaskan mengapa negara-negara dengan kehlian tenaga kerja yang tinggi mempunyai pendapatan perkapita tinggi.


Top