Jumat, 27 Juni 2014

TEORI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI

 Mazhab Historismus membahas pertumbuhan ekonomi dari sisi empirisme sejarah, namun teori-teori mereka perlu diuji kembali kebenarannya. Diantara teori mazhab Historimus yang perlu diperhatikan adalah Karl Bucher dan W.W. Rostow.

· Mazhab Klasik membahas pertumbuhan ekonomi dari asumsi teori ekonomi klasik bahwa pasar adalah sempurna dan pengangguran tidak ada. Pemikiran mazhab klasik yang perlu diperhatikan adalah pemikiran Adam Smith dan Ricardo.

· Mazhab Keynesian yang perlu mendapat perhatian adalah teori Harrod Domar.

· Pemikiran mazhab neo klasik yang perlu mendapat perhatian adalah teori pertumbuhan dari Cobb-Dauglas.

· Disamping berbagai teori mazhab-mazhab tersebut, juga ada teori lain yaitu teori perubahan structural dari Arthur Lewis dan Cheney. Lewis mennitikberatkan antara proses pembangunan dan migrasi, sedang Cheney membuktikan bahwa senantiasa terdapat perubahan pola struktur perekonomian di banyak negara.

· Teori-teori baru tentang pertumbuhan ekonomi yang patut dicatat antara lain teori geografi ekonomi baru, yang membahas pentingnya lokasi di dlam perkembangann ekonomi suatu wilayah, anatar lain teori Weber, Chrissler.

· Teori perdagangan baru bisa mengacu pada teori Krugman dan Venables yang menyatakan bahwa pasar yang lebih besar ternyata lebih kuat apabila biaya perdagangan tidak terlalu tinggi.


Top