Jumat, 27 Juni 2014

PERENCANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI

Perencanaan pembangunan merupakan proses memilih tujuan yang secara sadar dilakukan untuk mencari tujuan konkrit dalam jangka waktu tertentu dangan dasar nilai yang dimiliki masyarakat dalam suatu negara. Perencanaan pembangunan menyangkut pilihan yang efisien dan rasional untuk mencapai tujuan. Dalam perencanaan yang baik, strategi alternative harus dipersiapkan agar bisa dilakukan langkah jika misalnya terjadi jalan buntu atau suatu kondisi yang menyebabkan krisis ekonomi berjalan.

· Dalam perekonomian sosialis, perencanaan dilakukan dengan sangat detail dan hati-hati. Setiap proyek pembangunan direncanakan secara terperinci, karena mempunyai pengaruh kedepan maupun kebelakang.

· Jika dalam perekonomian sosialis perencnaan ekonomi lebih difokuskan pada kepentingan pengendalian, maka dalam perekonomian kapitalis perencanaan ekonomi lebih difokuskan pada kepentingan perangsangan. Instrumen yang seringkali dilakukan dalam perekonomian kapitalis adalah kebijakan moneter dan fiskal.

· Dalam perekonomian campuran, peranan pemerintah dalam perencanaan kegiatan ekonomi masih sangat penting. Peranan negara yang menguasai perusahaan-perusahaan negara, dihadapkan menjadi leader dalam menjalankan program-program pemerintah.


Top