Rabu, 10 Oktober 2018

Cerdas Dalam Berinvestasi Emas

investasi emas

Jika Anda sejumlah kali memiliki uang dengan jumlah yang besar, tetapi tiap bulan uang tersebut habis. Disarankan untuk Anda guna berinisiatif menginvestasikan duit berbentuk emas logam mulia batangan.

Berinvestasi emas tidak lagi dilaksanakan oleh generasi orang tua. Ditengah kompetisi yang ketat, generasi muda telah harus beranggapan panjang guna mempersiapkan masa depannya. Tidak lagi menyimpan uang uang dari hasil gajian masing-masing bulan yang hanya dikuras untuk keperluan sehari-hari, anak muda mesti pandai-pandai berinvestasi, salah satunya investasi emas.

Pada dasarnya, investasi emas memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan format investasi lain laksana bangunan, tanah atau mata duit dollar AS. Hal ini diakibatkan karena emas mempunyai nilai yang ingin konstan, per tahunnya emas ingin mengalami kenaikan.                        

Emas emang investasi yang menguntungkan. Gimana gak, harganya dari tahun ke tahun tidak jarang kali naik. Contohnya aja nih, tahun 2015 kemudian harga emas tersebut Rp 500 ribu per gram lebih sedikit. Sekarang, harganya nyaris Rp 650 ribu per gram. Gak menutup bisa jadi dua tahun lagi harganya dapat tembus Rp 800 ribu per gram.

Meski jadi di antara investasi yang menguntungkan dan lumayan mudah bikin dikelola, anda perlu hati-hati juga, lho. Kenapa? Soalnya bila kamu gak hati-hati, investasi emas bukannya untung justeru jadi buntung. Duh, tidak boleh sampai deh!

Biar gak begitu, yuk simak 6 (enam )poin yang mesti anda perhatikan sebelum mengawali investasi emas.

1. Emas batangan vs perhiasan

Investasi yang menguntungkan
Pilih emas batangan bila mau bikin jangka panjang (tokopedia)

Gak salah sih bikin investasi emas dalam format perhiasan. Tapi, bila kamu bercita-cita dapat deviden yang signifikan, usahakan tidak boleh deh.

Investasi dalam format perhiasan tidak jarang gak berikan untung besar sebab bukan 100 persen emas. Saat anda jual pulang emas tersebut, nominal yang dihitung pun cuma kadar dan berat perhiasannya aja. Jadi usahakan sih belinya emas batangan aja.

2. Waspada investasi emas bodong

investasi yang menguntungkan guna jangka panjang

Akibat gak punya pengalaman, cukup tidak sedikit orang terpedaya pada tawaran investasi emas bodong.

Tawaran ini seringkali menjanjikan si calon investor bikin menginvestasikan duit mereka bikin beli emas. Nantinya emas tersebut akan dibeli oleh orang beda atau perusahaan dengan harga lebih tinggi. Investor dijanjikan deviden berlipat.

Tapi, ketika dana udah terkumpul, nyatanya perusahaan sama sekali gak membelikan emas. Perusahaan bodong tersebut justeru lari dengan dana yang udah mereka dapat.

Jadi, buat anda yang gak pengin merasakan kejadian nahas laksana itu, lebih baik beli emas di lokasi terpercaya. Kamu dapat ke Antam atau Pegadaian.


3. Harganya gak tidak jarang kali naik

investasi yang menguntungkan bikin masa depan
Harga emas dapat aja turun bila kamu investasi hanya hitungan bulan (liputan6)

Kalau terdapat yang bilang harga emas tentu selalu naik, sebetulnya pernyataan tersebut kurang tepat.

Harga emas dapat aja turun dari hari ke hari. Tapi, bila kamu bicara harga dari tahun ke tahun, udah nyaris pasti harga emas emang naik.

Kamu gak bisa bercita-cita bisa beli emas terus langsung dipasarkan lagi dan bisa untung dalam masa-masa cepat. Emas akan jadi investasi yang menguntungkan bila kamu inginkan sabar bikin menunggu sejumlah tahun. Makin lama anda berinvestasi, maka kesempatan buat bisa keuntungannya kian besar.

4. Emas bukan dana darurat


Yang usahakan anda catat ialah emas bukan dana cadangan darurat. Namanya pun investasi, pasti harus dipisahkan dengan dana cadangan, kan?

Kenapa begitu? Sering kali orang menggelontorkan seluruh duit yang dia miliki bikin investasi, tergolong investasi emas. Namun, dana cadangan justeru dilupakan. Padahal yang namanya kejadian darurat dapat terjadi kapan aja.

Buat jual emas dalam masa-masa singkat, lagipula harganya sedang anjlok, malah buat apes.

Lagipula, dalam perencanaan finansial yang bijak, anda emang mesti bedakan alokasi bikin investasi dan bikin dana cadangan.


5. Beli kredit vs tunai

investasi yang menguntungkan 2018
Kredit emas gak salah tapi jajaki pertimbangkan dulu (infoperbankan)

Sebaiknya kamu tidak boleh kredit bikin beli emas. Soalnya, dapat aja terjadi tidak berhasil  bayar di lantas hari. Bisa-bisa emasnya justeru gak anda dapat, sebenarnya udah bayar setengahnya.

Pada sejumlah layanan perbankan atau non-perbankan yang meluangkan kredit emas, sebetulnya mereka merealisasikan bunga.

Kamu dapat lakukan simulasi di website web Pegadaian. Buat kredit 10 gram emas dengan angsuran 12 bulan dengan duit muka 10 persen, anda perlu bayar cicilan Rp 2.631.938. Sementara bila kamu beli tunai, emas itu dapat kamu tebus dengan harga Rp 30.950.000.

Ada margin sebesar Rp 3.728.256 antara beli tunai dan kredit. Hampir Rp 4 juta, lho. Lumayan banget lain harganya, kan?

6. Ada ongkos titip atau safe deposit box

investasi terbaik guna pemula

Menyimpan emas batangan di lokasi tinggal tentu buat deg-degan sebab takut hilang atau dicuri. Alternatif bikin menyimpan emas tersebut ialah dengan teknik titip, tidak jarang disebut safe deposit box.

Kalau anda cuma simpan sejumlah gram emas aja, kayaknya gak butuh simpan di safe deposit box deh. Soalnya gak seimbang sama nilai emasnya tersebut sendiri.

Contoh aja nih, ongkos safe deposit box di Bank CIMB Niaga menjangkau Rp 500 ribu masing-masing tahun buat ukuran boks kecil. Padahal nilai emas yang anda miliki hanya sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp 6 jutaan aja.

Jadi, urgen buat anda cari lokasi penitipan emas pilihan yang terpercaya tetapi murah. Bisa pun simpan di lokasi tinggal aja, namun di lokasi yang aman dan susah ketahuan orang lain.

Buat anda yang mulai punya minat buat investasi emas, semoga pertimbangan di atas bisa tolong kamu mengelola investasi satu ini. Dengan gitu, niat anda buat jadikan emas sebagai investasi yang menguntungkan akan terwujud.


Top