Selasa, 26 September 2017

Permintaan dan Penawaran (Supply and Demand)

Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dalam jangka waktu tertentu yang menganggap faktor yang mempengaruhinya tetap/konstan (ceteris paribus).

A. Jenis-Jenis Permintaan

  1. Permintaan efektif, yaitu permintaan terhadap barang atau jasa yang disertai daya beli dan melakukan transaksi.
  2. Permintaan Potensial, yaitu permintaan terhadap atau jasa yang disertai daya beli tetapi konsumen masih mempertimbangkan transaksinya (belum dilakukan transaksi).
  3. Permintaan Absolute, yaitu permintaan terhadap barang / jasa yang tidak disertai daya beli.
B. Berdasarkan Jumlah Yang Melakukan Permintaan
  1. Permintaan Individu, adalah permintaan seseorang terhadap barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Permintaan Kelompok, adalah permintaan dari sekelompok orang atau masyarakat pada saat yang bersamaan (penjumlahan permintaan individu).
Hukum Permintaan

Hukum permintaan menyatakan bahwa harga sebuah barang meningkat, kuantitas (jumlah) uang diminta akan turun, sebaliknya jumlah (kuantitas) barang yang diminta naik. Jika harga sebuah barang mengalami penurunan. Dalam hal ini kuantitas yang diminta berhubungan negatif dengan harga barang. Hukum yang berlaku dalam ilmu ekonomi tidaklah berlaku mutlak tetapi ceteris paribus.


Faktor penyebab tidak berlakunya hukum permintaan:
a. Motif Konsumsi Karena Prestise atau Harga Diri
Biasanya barang yang dikonsumsi memiliki harga yang mahal (konsumsi yang mencolok). Mengapa hal tersebut dilakukan? Sebab, merasa ada suatu kenikmatan tersendiri bila melakukan pembelian yang harganya mahal, contohnya berlian.

b. Harapan Terhadap Harga Di Masa Depan Akan Berubah
Harapan yang baik berarti optimis dan sebaliknya berarti pesimis, bila seorang optmis maka akan lebih banyak barang yang di minta dari keadaan sebelumnya dan sebaliknya,ini berarti ada unsur spekulasi.

c. Hubungan Dengan Kualitas Harga
Apabila harga yang tinggi diasumsikan kualitasnya lebih baik dari pada yang harganya lebih murah maka hukum permintaan tidak berlaku

d. Adanya Barang Inferior
Barang inferior adalah barang yang jumlah permintaannya lebih sedikit bila harganya turun. Kurva permintaan barang inferior bagi permintaan pasar selalu negatif sedangkan bagi permintaan individu/ perorangan adalah positif sebab anggapan barang inferior antara individu yang satu berbeda dengan individu yang lain.

C. Skedul dan Kurva Permintaan
Skedul permintaan adalah sebuah tabel yang memperlihatkan hubungan antara harga barang dan kuantitas yang diminta, sedangkan kurva permintaan adalah grafik yang memuat hubungan antara harga sebuah barang dan kuantitas yang diminta.

Kurva permintaan
Jika terjadi perubahan pada faktor faktor yang mempengaruhi permintaan selain harga, maka akan mengakibatkan kurva permintaan bergeser bahwa setiap perubahan yang mengakibatkan pertambahan jumlah permintaan pada tingkat harga tertentu, maka akan menggeser kurva permintaan ke kanan, begitu pula apabila setiap perubahan yang menurunkan jumlah permintaan pada tingkat harga tertentu, maka akan menggeser kurva permintaan ke kiri.

Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan adalah suatu fungsi yang menunjukan hubungan antara kuantitas barang atau jasa yang di minta oleh para konsumen dengan harga barang atau jasa tersebut. Fungsi permintaan juga mematuhi hukum permintaan, dimana ketika harga barang naik, kuantitas yang diminta akan turun dan jika harga barang turun, kuantitas yang diminta akan naik. Hal ini menunjukan bahwa harga barang dan permintaan/kuantitas yang diminta memiliki hubungan negatif, oleh karena itu fungsi permintaan akan selalu negatif.

Bentuk Fungsi Permintaan

Qd= a-Pd

  • a dan b adalah konstanta dimana b harus bernilai negatif
  • Pd adalah harga barang yang diminta
  • Qd adalah jumlah barang yang diminta
Rumus Fungsi Permintaan

P - P1   =  Q - Q1                                   
P2 - P1     Q2 - Q1


  • P1 = Harga Awal
  • P2 = Harga Akhir
  • Q1= Kuantitas Awal
  • Q2 = Kuantitas Akhir


Penawaran

A. Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:

a. Harga barang dan jasa itu sendiri.
Apabila harga suatu barang naik, produsen akan menaikkan jumlah barang yang dihasilkannya. Hal ini akan membawa kita pada hukum penawaran yang menjelaskan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang tersebut.

b. Harga Barang Lain Yang Terkait
Harga barang lain yang terkait maksudnya adalah harga barang substitusi dan harga barang komplementer. Apabila harga barang subtitusi naik, penawaran suatu barang akan bertambah. Begitu juga sebaliknya, sementara jika harga barang komplementer naik, penawaran akan suatu barang akan berkurang.

c.Harga Sumber Produksi.
Apabila biaya produksi suatu barang naik, perusahaan akan mengurangi produksinya pada tingkat jumlah anggaran yang tetap. Oleh karena itu, menurunnya tingkat produksi ini tentu saja menyebabkan penawaran barang tersebut berkurang.

d. Harga Faktor Produksi.
Pada jumlah anggaran yang tetao, kenaikan harga faktor produksi, seperti tingkat upah, harga bahan baku, atau kenaikan tingkat bunga modal akan menyebabkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit. Hal ini tentu saja menyebabkan penawaran barang tersebut berkurang.

e. Teknologi Produksi
Adanya kemajuan pada teknologi produksi dapat menyebabkan penurunan biaya produksi dan dapat menciptakan barang-barang baru. Dengan demikian, kemajuan teknologi ini dapat mendorong bertambahnya penawaran terhadap suatu barang.

f. Jumlah Penjual dan Pedagang
Apabila jumlah pedagang atau penjual suatu barang semakin banyak, secara otomatis jumlah barang yang ditawarkan pun akan semakin bertambah.

g. Ekspetasi/Perkiraan Produsen.
Perkiraan produsen terhadap masa depan dapat mempengaruhi penawarannya, misalkan produsen beranggapan bahwa harga produk dimasa depan akan naik oleh karena itu produsen akan menawarkan barang atau jasa lebih banyak dari sebelumnya.

h. Keuntungan yang Diinginkan Produsen
Besar atau kecilnya keuntungan yang ingin diperoleh perusahaan akan ikut serta mempengaruhi harga jual sebuah produk, sehingga jumlah barang yang ditawarkanpun akan terpengaruhi. Dalam hal ini semakin besar keuntungan yang akan didapatkan maka semakin besar harga jual dan barang yang akan ditawarkan.

i. Banyaknya Pesaing
Banyaknya persaingan akan berpengaruh terhadap besar kecilnya harga serta jumlah barang yang ditawarkan suatu produsen.

Hukum Penawaran
Hukum penawaran menyatakan bahwa harga bandingan lurus dengan jumlah barang yang ditawarkan, adalah ketika harga barang mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan mengalami kenaikan, dan sebaliknya apabila harga barang mengalami penurunan maka jumlah barang yang ditawarkan akan menurun. Tetap perlu diingat bahwa hukum penawaran ini hanya berlaku apabila asumsi ceteris paribus-nya terpenuhi.

Hal tersebut karena dasar asumsi yang mendasari hukum penawaran adalah faktor-faktor lain selain harga yang mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan tetap atau tidak berubah. Faktor-faktor lain yang harus tetap sama antara lain biaya produksi, teknologi produksi dan sebagainya. Objek yang menjadi inti dari analisis dalam penawaran adalah hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan atau dijual, dengan asumsi keadaan lain tetap atau tidak berubah.

Skedul dan Kurva Penawaran
Skedul penawaran merupakan sebuah tabel yang dapat memperlihatkan hubungan harga barang atau jasa dengan kuantitas yang ditawarkan. Sedangkan kurva penawaran merupakan sebuah gambar hubungan antara jumlah barang atau jasa yang ditawarkan dengan tingkat harga barang atau jasa tersebut dengan asumsi faktor-faktor lain tetap. Sebagai contoh, perhatikan skedul penawaran dan kurva penawaran berikut ini

a). Skedul penawaran barang


b.) Kurva Penawaran




B. Pergeseran Kurva Penawaran
Jika terjadi perubahan harga pada faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran selain harga, maka akan mengakibatkan kurva penawaran akan bergeser. Bahwa setiap perubahan yang mengakibatkan pertambahan jumlah penawaran pada tingkat harga tertentu, maka akan bergeser kurva penawaran ke kanan begitu juga apabila setiap perubahan yang menunjukan jumlah penawaran pada tingkat harga tertentu, maka akan menggeser kurva penawaran ke kiri.



Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran adalah fungsi yang menunjukan hubungan antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan. Fungsi penawaran harus sesuai dengan hukum penawaran yang menyatakan bahwa "bila barang naik, maka jumlah penawarannya bertambah dan bila harga barang turun, maka jumlah penawarannya berkurang."



Untuk mencari persamaan fungsi penawaran, rumusnya sama dengan rumus menentukan fungsi permintaan, yaitu:



Sumber:
http://www.bukupedia.net/2016/09/definisi-pengertian-penawaran-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-penawaran.html
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/12/penawaran-supply.html
https://wardayadi.wordpress.com/materi-ajar/kelas-x/permintaan-dan-penawaran/
https://jagadedukasi.blogspot.co.id/2016/05/faktor-faktor-yang-menyebabkan-hukum.html
http://sciencelogi.blogspot.co.id/2013/05/fungsi-penawaran.html


from HOT COFFEE http://razzratu.blogspot.com/2017/09/permintaan-dan-penawaran-supply-and.html


Top