Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Toyota Hasilkan Produk Berkualitas Hingga Menjadi Raksasa Otomotif Dunia

cara toyota hasilkan produk berkualitas

Kesuksesan Toyota sebagai raksasa otomotif di Indonesia tidak terlepas dari strategi dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas sumber daya manusianya.
Selama 45 tahun berkiprah dalam industri otomotif di Indonesia, Toyota selalu mempertahankan budaya Kaizen dan melaksanakan kegiatan Quality Control Circle (QCC).
Dengan meluncurkan buku yang berjudul "Perubahan Tiada Henti, 25 tahun Perjalanan Quality Control Circle" (QCC) Toyota Indonesia mengkisahkan tentang konsep membangun manusia sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas.
"Cara ini (QCC) melibatkan banyak orang di area kerja sehingga ke depan kita semua dapat merasakan berbagai pekerjaan yang lebih baik," ujar Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Jakarta, Selasa (16/8/2016).
Dalam buku yang diterbitkan oleh Kompas Gramedia, dijelaskan terkait kegiatan QCC yang dilakukan Toyota selama 25 tahun mulai dari awal perkenalan, tantangan, dan kesulitan yang dihadapi.
QCC merupakan cara untuk pengembangan diri bagi para sumber daya manusia yang dimiliki oleh Toyota untuk mengembangkan mutu dan membuat produktivitas bertambah, kerja sama menjadi lebih solid, serta lebih nyaman dalam bekerja.
Buku yang ditulis oleh Joice Tauris Santi, wartawan Kompas, diharapkan dapat menginformasikan cara mempertahankan mutu produk dan pelayanan ke berbagai pihak.
Sementara itu, Direktur PT TMMIN Bob Azam mengatakan, pelaksanaan QCC merupakan cara yang ampuh dalam mengembangkan karyawan.
Menurut dia, pelaksanaan QCC secara konsisten merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengembangkan para karyawan dalam jumlah banyak dengan waktu lebih singkat.
"Budaya teamwork yang begitu kental di QCC melahirkan semangat mentoring dimana para senior secara sukarela membantu para juniornya untuk terjun dan berpikir layaknya seorang engineer dalam aktivitas QCC ini," jelasnya.
Buku 25 Tahun Perjalanan QCC Toyota Indonesia, Perubahan Tiada Henti, Membangun Manusia Sebelum Membuat Produk, bisa didapatkan di seluruh outlet Gramedia di Indonesia.

sumber : kompas

Related Posts

  • Pengertian Kualitas Layanan Goesth dan Davis dalam Tjiptono (2002:51) mengatakan bahwa kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan d…
  • Pengertian Industri Kecil Menurut Irianto (1996) dalam perekonomian nasional, industri kecil merupakan suatu basis yang cukup besar dalam menunj…
  • Klasifikasi Jasa Agar dapat membedakan dengan jelas tentang jasa maka jasa harus diklasifikasikan. Menurut Lovelock dalam Tjiptono (200…
  • Pengertian Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja Tenaga kerja merupakan faktor penting dalam proses produksi, karena manusialah (tenaga kerja) yang mampu menggerakkan …
  • Pengembangan Industri Kecil Pengembangan industri pada dasarnya memiliki tujuan meningkatkan kualitas hidup bangsa agar menjadi bangsa yang modern…