Ada
dua macam pendekatan dalam penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dimana
peneliti akan bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan gejala yang diamati
dan pendekatan kualitatif dimana peneliti akan bekerja dengan
informasi-informasi data dan di dalam menganalisanya tidak menggunakan analisa
data statistik.
Variabel
penelitian adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu
penelitian.
- Variabel Eksperimen atau treatment variabel yaitu
kondisi yang hendak diselidiki bagaimana pengaruhnya terhadap gejala atau
behaviour variable
- Variabel non eksperimental yaitu variabel yang dikontrol
dalam arti baik untuk kelompok eksperimental
Desain
penelitian adalah rencana dan struktur penyelidikan yang digunakan untuk
memperoleh bukti-bukti empiris dalam menjawab pertanyaan penelitian. Dalam
penelitian eksperimental, desain penelitian disebut desain eksperimental.
Desain eksperimen dirancang sedemikian rupa guna meningkatkan validitas
internal maupun eksternal.
Dalam penelitian
eksperimen murni, desain penelitian yang populer digunakan adalah sebagai
berikut:
1.
Control Group Post test only design atau post tes kelompok
control
Desain ini subjek ditempatkan secara random kedalam
kelompok-kelompok dan diekspose sebagai variabel independen diberi post test.
Nilai-nilai post test kemudian dibandingkan untuk menentukan keefektifan
tretment.
Desain ini cocok untuk digunakan bila pre test tidak mungkin
dilaksanakan atau pre tes mempunyai kemungkinan untuk berpengaruh pada
perlakuan eksperimen. Desain ini akan lebih cocok dalam eksperimen yang
berkaitan dengan pembentukan sikap karena dalam eksperimen demikian akan
berpengaruh pada perlakuan.
2.
Pre test post test control group design atau pre tes post tes
kelompok control
Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi
perlakuan eksperimental (kelompok eksperimen) dan yang lain tidak diberi
apa-apa (kelompok kontrol). Dari desain ini efek dari suatu perlakuan terhadap
variabel dependen akan di uji dengan cara membandingkan keadaan variabel
dependen pada kelompok eksperimen setelah dikenai perlakuan dengan kelompok kontrol
yang tidak dikenai perlakuan.
3.
Solomon four group design
Desain ini menuntut penempatan subjek secara random kedalam
empat kelompok. Pada kelompok 1 dan 2 diberi pre tes dan post test dan hanya
kelompok 1 dan 3 yang dikenai perlakuan eksperimen.
Kelemahannya
adalah memerlukan subjek dua kali lipat jumlah subjek untuk desain eksperimen.
Eksperimen
merupakan salah satu metode penelitian yang dapat dipilih dan digunakan dalam
penelitian pembelajaran pada latar kelas (PTK). Penelitian eksperimental dapat
diartikan sebagai sebuah studi yang objektif, sistematis, dan terkontrol untuk
memprediksi atau mengontrol fenomena. Penelitian eksperimen bertujuan untuk
menyelidiki hubungan sebab akibat (cause and effect relationship), dengan cara
mengekspos satu atau lebih kelompok eksperimental dan satu atau lebih kondisi
eksperimen. Hasilnya dibandingkan dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang
tidak dikenai perlakuan.