Selasa, 20 Agustus 2019

Saham Kelas Ganda

Apa itu Saham Kelas Ganda?
Sebuah saham kelas ganda adalah penerbitan berbagai macam atau jenis saham yang dikeluarkan oleh satu perusahaan. Struktur saham kelas ganda dapat terdiri dari saham kelas A dan kelas B sebagai contohnya. Saham dapat berbeda, berdasarkan pada  hak suara dan pembayaran deviden.

Ketika beberapa saham biasanya dikeluarkan: saham kelas satu ditawarkan kepada masyarakat umum, selama yang lain ditawarkan kepada pendiri perusahaan, eksekutif dan keluarga. Kelas yang ditawarkan kepada masyarakat umum memiliki batasan pemilihan hak suara atau tidak ada, selama kelas yang tersedia untuk pendiri dan eksekutif  memiliki lebih banyak kekuatan memilih dan seringkali memberikan kontrol yang lebih terhadap perusahaan.

Memahami Saham Kelas Ganda
Perusahaan-perusahaan terkenal, seperti Berkshire Hathaway dari Warren Buffet, memilik struktur saham kelas ganda, yang memberi pendiri, eksekutif, dan keluarga untuk mengendalikan kekuatan suara mayoritas dengan presentase yang relatif kecil dari total ekuitas. Struktur kelas ganda di Ford, misalnya memberi keluarga pendiri Ford kendali 40% dari kekuatan suara, padahal hanya memiliki sekitar 4% dari total ekuitas perusahaan. Contoh lainnya yang lebih ekstrem adalah CEO Echostar Communications Charlie Ergen memegang 5% saham perusahaan, namun mengendalikan 90% suara dengan saham kelas A nya yang kuat.

Mereka menjadi populer belakangan ini, struktur kelas ganda telah ada selama beberapa waktu dalam berbagai bentuk. New Yors Stock Exchange (NYSE) melarang struktur kelas ganda pada tahun1926 setelah protes atas penawaran publik perusahaan otomotif Dodge Brothers, yang terdiri saham non-voting untuk publik. Tetapi pertukaran itu kembali dipraktekan selama 1980-an membangunkan persiangan dengan pertukaran lain. setelah saham terdaftar, perusahaan tidak dapat membalikkan hak suara apa pun, yang dikaitkan dengan kelas baru, atau menerbitkan kelas saham dengan hak suara superior.

Belakangan ini, jumlah perusahaan yang memilih struktur kelas gandan selama listing telah berlipat ganda. Secara khusus, startup teknologi yang terdaftar di pasar publik menggunakan strategi ini untuk mempertahankan kontrol atas mereka. Pemdahulu Alphabet Inc. Google adalah ontoh paling terkenal dari tren ini. Banyak yang frustasi pada IPO Google ketika raksasa internet yang sekarang dengan kapitalisasi pasar di antara tiga puluh teratas di seluruh dunia, mengeluarkan saham kelas B kedua kepada para pendiri dengan 10 kali jumlah suara daripada saham kelas A biasa, dijual kepada publik.

Beberapa indeks saham telah berhenti termasuk perusahaan dengan struktur kelas ganda kedalam indeks mereka. S&P 500 dan FTSE Russell adalah contoh tren ini. Bursa saham di asia telah bergerak untuk mengambil keuntungan dan melonggarkan peraturan mereka mengenai daftar perusahaan. Bursa saham Hong kong, dimana sudah memulai memperbolehkan struktur  saham kelas ganda, dan Bursa Saham Singapore adalah salah satu contoh bursa Asian yang bersaing dengan rekan rekan barat untuk perusahaan-perusahaan dengan struktur saham seperti itu.

Kontrovesri Struktur Saham Kelas Ganda
Persaingan struktur kelas ganda saat ini sedang kontroversial. Pendukung mereka memperdebatkan bahwa struktur memungkinkan pendiri untuk menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan menempatkan kepentingan jangka panjang di atas hasil keuangan jangka pendek. Hal ini juga membantu pendiri mempertahankan kendali atas perusahaan keran pengambil alihan potensial dapat dihindarkan melalui saham Voting supermajority mereka. Di sisi lain, para penentang berpendapat bahawa struktur tersebut memungkinkan kelompok kecil pemegang saham istimewa untuk mempertahankan kontrol, sementara pemegang saham yang lain (dengan sedikit kekuatan voting) memberikan mayoritas modal. Akibatnya, ada distribusi resiko yang tidak merata. Pendiri dapat mengakses moda; dari pasar modal dengan risiko ekonomi minimal. Pemegang saham memeiliki sebagian besar resiko yang berhubungan dengan strategi.  Penelitian akademis telah membuktikan bahwa kelas saham yang kuat untuk orang dalam sebenarnya dapat menghambat kinerja jangka panjang. kategori ketiga dari struktur kelas ganda dapat dibatasi dengan menempatkan batasan terikat waktu pada struktur seperti itu dan memungkinkan pemegang saham untuk mengakumulasi minat memilih dari waktu ke waktu.

Contoh Struktur Kelas Ganda
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak perusahaan induk Alphabet google adalah contoh perusahaan terkenal perusahaan dengan struktur kelas ganda. Ketika terdaftar tahun 2004, raksasa pencarian meluncurkan tiga kelas saham dalam penawarannya.  Saham Kelas A sudah dipesan untuk inestor reguler dan memiliki satu voting per lembar sahamnya. Saham kelas B sudah dipesan untuk pendiri dan eksekutif dan memiliki 10 kali lebih banyak voting daripada kelas lainnya.Akhirnya, saham kelas C untuk pegawai dan saham kelas A dan tidak memiliki hak suara. Contoh perusahaan lainnya dengan struktur kelas ganda yaitu Facebook, Zynga, Groupon, dan Alibaba.


from HOT COFFEE https://razzratu.blogspot.com/2019/08/saham-kelas-ganda.html


Top