Rabu, 11 Oktober 2017

Tujuan Laporan Keuangan (MK. Analisis Laporan Keuangan)


Malang, Jawa Timur, Indonesia - Sebelum kita membahas materi ini, ada baiknya teman-teman yang membaca materi ini ada baiknya teman-teman masukkan email dan klik tombol Subcribe dibawah materi ini, sehingga nanti setelah klik tombol tersebut, teman-teman akan langsung mendapatkan informasi materi terbaru dari Kami, dan jangan lupa juga untuk share dan sukai materi ini untuk mendukung website kita agar tetap no.1 di pencarian Google.

Baiklah kita masuk ke materinya, materi ini adalah lanjutan dari postingan yang kemarin (tulisan sebelumnya) yang membahas tentang " Pengertian Laporan Keuangan (dalam MK Analisis Laporan Keuangan)".

Seperti kita ketahui bahwa setiap laporan keuangan yang dibuat sudah pasti memiliki tujuan tertentu. Dalam praktinya terdapat beberapa tujuan yang akan dicapai, terutama bagi pemilik usaha dan manajemen perusahaan.

Disamping itu, tujuan laporan keuangan disusun guna memenuhi kepentingan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.

Secara umum laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi keuangan suatu perusahaan, baik pada saat tertentu maupun pada periode tertentu. Laporan keuangan juga dapat disusun secara mendadak sesuai kebutuhan perusahaan maupun secara berkala.

Jelasnya adalah laporan keuangan mampu memberikan informasi keuangan kepada pihak dalam dan luar perusahaan yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.

Dan dibawah ini adalah beberapa tujuan pembuatan atau penyusunan laporan keuangan, yaitu :

  1. Memberikan informasi tentang jenis dan jumlah aktiva (harta) yang dimiliki perusahaan pada saat ini.
  2. Memberikan informasi tentang jenis dan jumlah kewajiban dan modal yang dimiliki perusahaan pada saat ini.
  3. Memberikan informasi tentang jenis dan jumlah pendapatan yang diperoleh pada suatu periode tertentu.
  4. Memberikan informasi tentang jumlah biaya dan jenis biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam suatu periode tertentu.
  5. Memberikan informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi terhadap aktiva, pasiva, dan modal perusahaan.
  6. Memberikan informasi tentang kinerja manajemen perusahaan dalam suatu periode.
  7. Memberikan informasi tentang catatan-catatan atas laporan keuangan.
  8. Informasi keuangan lainnya.
Jadi, dengan memperoleh laporan keuangan suatu perusahaan akan dapat diketahui kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh. Kemudian, laporan keuangan tidak hanya sekedar cukup dibaca saja, tetapi juga harus dimengerti dan dipahami tentang posisi keuangan perusahaan saat ini. Caranya adalah dengan melakukan analisis keuangan melalui berbagai rasio keungan yang lazim dilakukan.

Dan itulah sedikit pembahasan tentang tujuan laporan keuangan, mungkin disini kurang lengkap, dan jika masih ada yang perlu ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar dibawah ini. BRAVO HIMAKA.


Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from HIMAKA UNITRI http://www.himakaunitri.com/2017/10/tujuan-laporan-keuangan-mk-analisis.html
Terima Kasih Telah membaca Tujuan Laporan Keuangan (MK. Analisis Laporan Keuangan) pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top