Senin, 04 September 2017

MELIHAT KEINDAHAN ALAM WONOGIRI DARI WATU CENIK

jalan utama menuju lokasi wisaya Watu Cenik
                    Wisata alam di Kabupaten Wonogiri memang sangat mengagumkan, Wonogiri yang juga merupakan tempat kelahiran orang tua saya menyimpan keindahan alam pegunungan yang masih asri. Obyek wisata yang sangat terkenal adalah waduk gajah mungkur, sebelum menuju waduk gajah mungkur ada obyek wisata lain yang lebih menarik yaitu Watu Cenik.
Jalan untuk menuju lokasi wisata ini lewat tugu gerbang menara filter, di tugu tersebut juga ada tulisannya gantole. Gerbang ini berada sebelum masuk obyek wisata gajah mungkur, sebelah kanan jalan jika dari kota wonogiri. Jalannya menajak dan berkelok, jika ingin ke lokasi tersebut kendaraan anda harus dipastikan pada keadaan prima dan rem harus di cek. Waktu ke lokasi ini saya menggunakan motor matik dengan istri saya dan ternyata tidak kuat untuk naik, jalannya tidak begitu lebar sehingga untuk kendaraan roda empat harus lebih berhati-hati ketika berpapasan dengan kendaraan lain.




watu cenik
Tiket masuknya juga sangat murah, tetapi saya lupa harga tiket masuknya, karena sudah begitu lama. Tempat parkir di lokasi wisata watu cenik lumayan luas, fasilitasnya juga lengkap dari toilet hingga tempat sholat. Di sekitar lokasi wisata juga terdapat penjual makanan dan minuman dan ada pula tempat untuk landasan gantole. Karena tempatnya yang tinggi dari lokasi wisata ini anda bisa melihat waduk gajah mungkur secara menyeluruh, luar biasa.. dari obyek wisata watu cenik waduk gajah mungkur terlihat sangat indah, sungai-sungai yang bermuara ke waduk juga terlihat dengan jelas, ada pula tanah di tengah waduk yang tidak terendam yang menjadi saksi bahwa proses pembangunan waduk gajah mungkur ini adalah merendami bekas pemukiman warga, warga di wilayah pembangunan waduk gajah mungkur pada saat itu di pindahkan dan disebut dengan transmigrasi bedol desa karena yang dipindahkan sangat banyak sekali, menurut cerita kerabat saya luasan waduk gajah mungkur mencakup tiga kecamatan.
waduk Gajah Mungkur dilihat dari Watu Cenik
Aktivitas-aktivitas lain adalah karamba di waduk gajah mungkur dan rumah apung, yang juga bisa di lihat dari watu cenik. Obyek wisata waduk gajah mungkur terlihat dengan jelas dari lokasi ini. Ketika mengunjungi lokasi ini perlu anda perhatikan adalah keamanan dalam berfoto. Tebingnya sangat curam dan masih ada beberapa tempat disekitar obyek wisata ini masih kurang pengaman. Terkadang kita lupa akan keselamatan diri karena keinginginan mendapatkan foto yang bagus. Kita harus selalu berhati-hati, berfoto sebagai kenang-kenangan sangat penting tetapi lebih penting lagi untuk menjaga keselamatan.
Harga makanan dan minuman di lokasi ini juga standar, anda bisa membeli makanan dan minuman sambil melihat keindahan waduk gajah mungkur bersama keluarga dan bercerita, karena penjual juga menyediakan tempat untuk bersantai dengan alas tikar. Atau jika sudah ada persiapan terlebih dahulu anda bisa membawa bekal dari rumah untuk dimakan bersama-sama di lokasi ini. Tetapi tidak sedikit pula yang saya temui pengunjung yang malah asik bermain handphone padahal berpergian dengan kerabat atau keluarga, mungkin ingin segera mengupload hasil jepretan fotonya dan membalas berbagai komentar. Tetapi menurut saya sangat disayangkan sekali suasana yang romantis menjadi terganggu karena handphone. Jika anda mengajak anak, anda bisa menjelaskan mengenai keindahan alam bahwa kita harus selalu menjaga lam agar indah, membuang sampah pada tempatnya karena sampah-sampah yang dibuang sembarangan terutama di sungai-sungai nantinya akan bermuara pada suatu tempat, dan jika menumpuk maka tidak akan sedap dipandang mata dan merugikan ekosistem air. Anda bisa juga bercerita tentang budidaya ikan yang dilakukan melalui karamba, proses budidaya yang dilakukan oleh nelayan disekitar waduk, fungsi dari waduk dan banyak hal yang bisa diceritakan. Walaupun mungkin anda tidak menguasi materi tentang lingkungan hidup, anda hanya perlu memberikan pendapat anda kepada anak atau istri kemudian disitulah akan ada proses belajar dari anak yang juga memberikan pendapat berdasarkan pemahaman dari apa yang dilihat dan didengarnya, disinalah pentingnya wisata alam selain untuk mengenal keindahan alam, meningkatkan interaksi berkualitas keluarga dan juga untuk mendekatkan diri dengan Alloh, betapa indahnya ciptaanNya.
banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk berfoto
Sinyal handphone di lokasi ini sangat bagus, karena di lokasi wisata ini dibangun tempat untuk pemancar sinyal telephone. Anda bisa bervideo call dengan kerabat yang jauh jika mereka tidak bisa ikut dan memperlihatkan keindahan watu cenik dari kamera handphone. Spot atau lokasi yang populer untuk berfoto adalah tulisan watu cenik yang berwarna kuning di atas batu di ujung obyek wisata ini. Apabila anda seorang fotografer atau pandai mengambil gambar maka hasil jepretannya akan sangat bagus, seperti berada di puncak gunung dengan background waduk gajah mungkur yang sangat indah. Pada obyek wisata watu cenik ini juga ada sebuah makam yang lumayan luas, ketika saa memabaca pada nisannya umur makam ini sudah sangat lama, mungkin sudah ada pada masa kerajaan majapahit akhir, yang berarti bahwa makam tersebut merupakan leluhur dari penduduk sekitar obyek wisata watu cenik. Tidak ada salahnya jika kita mengucapkan salam dan mendoakannya.
Pohon beringin mulai ditanam di lokasi ini, ketika saya ke lokasi ini pohonnya masih kecil. Memang ada beberapa spot masih gersang karena tidak adanya tanaman, dengan ditanamnya pohon beringin maka lokasinya nanti akan semakin asri.
Setelah obyek wisata watu cenik sebenarnya masih banyak obyek wisata lainnya, tetapi rute  jalan yang harus dilalui lebih ekstrim dan saya memutuskan tidak melanjutjkan perjalanan karena kondisi motor yang tidak memungkinkan. Mungkin waktu berikutnya saya akan menceritakan lokasi wisata tersebut.




Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from pemuda tani http://debbyeka.blogspot.com/2017/09/melihat-keindahan-alam-wonogiri-dari.html
Terima Kasih Telah membaca MELIHAT KEINDAHAN ALAM WONOGIRI DARI WATU CENIK pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top