Jumat, 28 April 2017

Investasi Asuransi Syariah di Indonesia Tembus Rp.29,94 T


Malang, Jawa Timur, Indonesia - Pertumbuhan Investasi Asuransi mencapai tren yang baik (positif). OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menulis, hingga bulan Februari 2017 kemarin, total dari investasi pada sektor ini mencapai Rp.29,94 T.

Seperti yang di ceritakan oleh Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK "Bapak Edy Setiadi di Menara Merdeka, di jakarta, pada hari jum'at ini (28-04-2017).
Hasil investasinya mencapai Rp.0,31 T. Investasi asuransi syariah didominasi oleh perusahaan asuransi jiwa syariah dengan produk unit link.
Penaruhan investasi asuransi syariah didominasi oleh investasi dari pasar modal yang berupa: - Saham Syariah - Sukuk - SBSN- Reksadana syariah sebesar Rp.20,43 T. Investasi ini tembus angka 68,23% dari total keseluruhan investasi.

Sedangkan pada penempatan investasi pada Perbankan Syariah hanya tembus Rp.9,34 T. Adapun investasi lainnya, properti dan investasi penempatan lansung sebesar Rp. 166,83 M.
Jelasnya Investasi di perbankan seluruhnya berbentuk deposit berjangka.
Sementara itu, OJK juga mencatat, rata-rata gearing ratio / jumlah pendanaan perusahaan yang dibagi ekuitas yang dimiliki pada industri pembiayaan syariah mencapai 1,38 kali. Hal ini masih sesuai dengan ketentuan saaat ini yang mencapai di bawah 10 kali.

Sementara itu, untuk financing to asset ratio (FAR) per Februari 2017 mencapai 91,97%, masih di atas ketentuan minimal sebesar 40%. FAR merupakan perbandingan total pembiayaan yang diberikan total asetnya.

Adapun rasio investasi dan pembiayaan dibandingkan dengan total aset per Februari mencapai 62,03% atau masih di atas ketentuan sebesar 40%. Sementara itu, rasio jumlah pendanaan dibandingkan dengan ekuitas dan pendanaan subordinasi per Februari 2017 mencapai 1,66 kali.

Seperti diketahui, OJK akan terus berupaya mendorong pertumbuhan industri jasa keuangan syariah di Tanah Air, antara lain dengan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan Jasa keuangan syariah. Diharapkan, program mampu meningkatkan pertumbuhan industri jasa keuangan syariah di Indonesia.

Salah satu upaya mendukung pertumbuhan industri jasa keuangan syariah dan sejalan dengan Kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS) yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 14 Juni 2015, OJK bersama industri keuangan syariah secara rutin menyelenggarakan kegiatan bersama berupa sosialisasi dan edukasi, program training of trainers, termasuk juga kegiatan Keuangan Syariah Fair (KSF) yang dikernas dalam format pameran (expo) industri keuangan syariah dengan peserta dari industri keuangan syariah antara lain: Bank Syariah, Pasar Modal Syariah, dan Industi Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah.

Kegiatan KSF merupakan salah satu strategi OJK untuk mendekatkan masyarakat dengan industri keuangan syariah dan sebagai sarana memperoleh informasi tentang keunggulan produk dan jasa keuangan syariah, serta memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang keunggulan produk dan jasa keuangan syariah yang sudah “Sama Bagusnya, Sama Lengkapnya, Sarna Modernnya” sebagaimana produk jasa keuangan konvensional.

Industri keuangan syariah nasional perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik (campaign) agar produk serta jasa layanan syariah yang semakin beragam dan berdaya saing dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Disamping itu juga agar dapat berkontribusi secara nyata dan optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional yang berkesinambungan.

Pada tahun 2016, KSF telah dilaksanakan 5 kali di berbagai kota di Indonesia, yaitu: Jakarta, Surabaya, Tangerang Selatan, Aceh dan Makassar. Sedangkan untuk tahun 2017, KSF direncanakan akan dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu di Semarang, Cirebon dan Jakarta.

Sumber : economy.ekozone.com

Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from HIMAKA UNITRI http://www.himakaunitri.com/2017/04/investasi-asuransi-syariah-di-indonesia.html
Terima Kasih Telah membaca Investasi Asuransi Syariah di Indonesia Tembus Rp.29,94 T pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top