Kamis, 03 November 2016

PANCASILA SEBAGAI PERSATUAN SELURUH BANGSA INDONESIA




Seluruh warga Kesatuan Republik Indonesia sudah seharusnya mengetahui, mempelajari,  mengembangkan, serta mengamalkannua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Alangkah akan tercipta masyarakat yang sejahtera dan damai apabila kita semua rakyat Indonesia melaksanakan hal tersebut, sesuai dengan cita-cita pendiri Bangsa Indonesia yang telah gugur. Sebagai generasi muda kita harus tunjukan semangat cinta dan bela negara kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dengan menghayati dan ikut merasakan bagaimana para pahlawan kita mempertahankan dan merebut kembali negara ini. Ingatlah bahwa Pancasila merupakan dasar negara atau vondasi negara yang membentuk Undang-Undang 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Pancasila terdiri dari 5 sila yang memiliki arti luas dan mencakup kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta Undang-Undang 1945 sebagai landasan hukumnya. Untuk tercipta kedamaian dan kesejahteraan dibutuhkansemua aspek tersebut, salah satunya Persatuan yang tertulis di dalam Pancasila sila ke-3 yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Kalimat ini bahkan memiliki makna yang besar dan luas. Dengan persatuan tidak akan ada perpecahan. Berfikirlah ulang mengenai Persatuan di Indonesia. Jangan di ucapkan anda hanya perlu berfikir dan melihat pada diri anda sendiri bagaimana dengan diri anda sendiri? Apa tindakan anda untuk mewujudkan Persatuan di Indonesia. Tujuan perkuliahan Pancasila adalah agar mahasiswa memahami, menghayati dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara RI, juga menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang beragam masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi dengan pemikiran yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia adalah perwujudan dari nilai-nilai budaya milik bangsa Indonesia sendiri yang di yakini kebaikan dan kebenarannya. Sebelum ditetapkannya Pancasila sebagai Dasar Negara yang sah, Indonesia memang sudah sejak dulu menganut nilai-nilai Budaya luhur yang telah tercipta ditengah-tengah masyarakat nenek moyang Indonesia. Pancasila digali dari budaya bangsa sendiri yang sudah ada, tumbuh, dan berkembang berabad - abad lamanya. Oleh karena itu, pancasila adalah Pribadi bangsa Indonesia itu sendiri. Yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak keberadaannya sebagai sebuah bangsa. Pancasila merangkum nilai - nilai yang sama yang terkandung dalam adat - istiadat, kebudayaan, dan agama - agama yang ada di Indonesia. Dengan demikian, Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia juga mencerminkan jiwa sekaligus sebagai Pandangan Hidup bagi rakyat Indonesia.

Era globalisasi yang sekarang tengah melanda masyarakat dunia, sedikit demi sedikit mendorong identitas yang dimiliki bangsa hingga melebur menjadi satu, yaitu suatu Tatanan Dunia Baru. Untuk itu, masyarakat Indonesia ditantang untuk memperkokoh jatidirinya yang sebenarnya di dalam dunia baru. Namun saat ini banyak fakta telah berbicara. Telah banyak dijumpai masyarakat Indonesia yang dilihat dari segi perilaku yang sama sekali tidak menampakkan identitas mereka sebagai masyarakat Indonesia. Bukankah bangsa ini telah memiliki identitas yang jelas yang berbeda paham dengan ideolog-ideologi lain. Bangsa Indonesia telah menetapkan pancasila sebagai asas dan nilai tertinggi atas semua penyelenggaraan ataupun kegiatan-kegiatan di Indonesia. Maka, seluruh perilaku, sikap, dan kepribadian adalah pelaksanaan dari nilai-nilai Pancasila. Dengan dijadikanya Pancasila sebagai asas, maka sudah seharusnya didukung seluruh masyarakat Indonesia dengan menampilkan jati diri khas yang telah dimiliki bangsa Indonesia sejak dulu. Dengan demikian maka akan muncul dan terlihat karasteristik serta identitas bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Selain itu, Pancasila juga berfungsi sebagai Pedoman Hidup bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan demikian, ia menjadi sebuah ukuran/kriteria umum yang diterima dan berlaku untuk semua pihak.


Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from Emravy http://emravy.blogspot.com/2016/11/pancasila-sebagai-persatuan-seluruh.html
Terima Kasih Telah membaca PANCASILA SEBAGAI PERSATUAN SELURUH BANGSA INDONESIA pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top