Sabtu, 03 September 2016

Cara Jitu Kelola Uang Agar Masa Pensiun Sejahtera

Cara Jitu Kelola Uang Agar Masa Pensiun Sejahtera - Anda yang aktifitasnya sangat sibuk dan padat setiap harinya, tentunya menjalaninya dengan sangat menyenangkan. Apalagi jika segala aktivitas yang dikerjakan ini memberikan reward berupa uang atau hal yang membuat Anda senang.

Di masa yang masih produktif, Anda bisa mengerjakan pekerjaan apapun dengan penuh semangat. Namun, pernahkah Anda memikirkan apa yang akan terjadi pada saat telah memasuki masa pensiun nanti. Mungkin, masa pensiun Anda masih sangat lama, namun lambat laun hal itu pasti akan dialami oleh seorang pekerja.

Sebelum masa pensiun datang, sebagian orang rupanya sudah mulai merencanakan mengenai apa yang mereka akan lakukan saat masa pensiun tiba. Sebagian besar memilih untuk membuka sebuah usaha dan sebagian lagi ada yang masih ingin berkontribusi untuk perusahaannya yang dulu.

Namun, menjadi pengusaha atau bekerja di masa yang sudah tidak produktif lagi rasanya sulit untuk menjadi maksimal. Jika begitu, Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik, agar di masa pensiun Anda masih memiliki keadaan finansial yang cukup baik.

Anda perlu mengelola keuangan di masa pensiun, agar hidup anda dan keluarga di masa tua bisa lebih teratur. Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Mulai dengan Menabung dan Investasi

Kegiatan menabung maupun investasi sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hanya saja, sebagian dari kita sering mengacuhkan kedua hal tersebut dengan alasan membutuhkan budget yang besar untuk bisa memenuhi tabungan maupun investasi semacam itu.

Padahal, menabung sejak dari dulu sudah terbukti mampu menjadikan penabungnya dapat memenuhi segala kebutuhan dirinya sendiri dan keluarganya. Begitu juga dengan investasi.

Saat ini ada banyak investasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan maupun lembaga resmi tertentu yang sifatnya menguntungkan bagi para nasabahnya. Investasi seperti ini juga bisa membantu anda mendapatkan uang yang berlebih untuk cadangan masa depan.

Investasi ini juga bisa dilakukan dengan berbisnis yang sekiranya bisa menguntungkan. Kedua kegiatan ini adalah kegiatan dasar untuk mengelola keuangan anda menjelang hari tua nanti.

2. Membuat Rencana Keuangan

Mungkin, sebagian besar dari kita masih merasa rumit saat ingin mencatat transaksi keuangan sederhana dalam rumah tangga, seperti pemasukan dan pengeluaran. Tidak hanya itu, ada beberapa jenis usaha yang juga tidak menggunakan pencatatan keuangan khusus, sehingga keuntungan yang didapat masih berupa perkiraan sementara, belum ada catatan pasti.

Sama halnya seperti bisnis yang sebaiknya memiliki pencatatan, Anda pribadi juga sebisa mungkin harus membuat catatan keuangan untuk setiap transaksi yang dilakukan paling tidak di setiap bulannya. Dengan begitu Anda mampu mengurangi pengeluaran yang dirasa tidak perlu untuk setiap bulannya dan tabungan mungkin akan bisa bertambah lagi.

3. Segera Lunasi Utang

Mempunyai utang adalah ketakutan tersendiri yang bisa membuat hidup menjadi kurang nyaman tidak hanya saat ini, tapi juga di masa depan nanti. Apalagi jika utang tersebut ada dalam jumlah yang sangat besar yang untuk melunasinya memerlukan banyak waktu.

Usahakan, di saat usia produktif Anda saat ini, jika Anda memang memiliki utang segera dilunasi agar segera lunas dalam tempo waktu tertentu. Tentunya Anda tidak harus membayar utang saat nanti di masa pensiun, di mana keadaan finansial Anda mungkin tidak seperti dulu.

4. Menyiapkan Dana Darurat

Satu hal yang tidak kalah penting yang juga selalu dianggap tidak perlu oleh sebagian orang adalah memiliki cadangan dana darurat. Siapa yang bisa menebak apa yang akan terjadi pada hidup kita masa yang akan datang.

Tertimpa bencana atau pun mengalami kecelakaan hal-hal tersebut sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada kita. Sebaiknya Anda menyiapkan dana darurat yang bisa diatur sendiri jumlahnya.

Dana ini akan sangat membantu saat kita benar-benar membutuhkannya, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan tabungan terlebih dulu. Selain itu, Anda bisa juga mengikuti program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Jangan Hanya Berencana

Semua rencana ini memang terlihat mudah untuk dikatakan, namun Anda harus yakinkan pada diri sendiri bahwa rencana-rencana tersebut akan segera dilakukan mulai sekarang, agar di masa pensiun nanti semuanya akan lebih baik lagi. Dengan menjalankan rencana keuangan, banyak menabung atau investasi dan juga menyiapkan dana darurat, setidaknya Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum masa tua datang.

demikianlah Cara Jitu Kelola Uang Agar Masa Pensiun Sejahtera


Top