Selasa, 14 Juni 2016

Cara membentuk proposal penawaran kerjasama (sponsorship)


Artikel berikut artinya artikel wacana Cara membentuk proposal penawaran kerjasama (sponsorship) yg berfokus pada sponsoship, bukan buat pendanaan, tetapi buat kemitraan. Dan  itu spesifik ditujukan di orang-orang yg bekerja buat membangun kemitraan atau bagi teman-teman mahasiswa yang memerlukan bantuan pada membentuk proposal buat menghasilkan program baik acara kampus juga luar kampus.

Prinsip-prinsip Brett Pawlowski (seseorang ahli dibidangnya) menjabarkan bahwa cara ini dapat dengan praktis diubahsuaikan oleh semua orang serta di semua jenis dari forum publik dan  tidak buat organisasi nirlaba. Pada pengembangan kemitraan, seperti penjualan, kadang-kadang proposal yg kuat bisa membuat semua disparitas pada mendapatkan calon partnes sponsor anda.
Proposal tentu tidak diharapkan dalam beberapa situasi. Misalnya saja pada menghasilkan janji atau dalam kerjasama perjuangan yg sifatnya mikro.Akan tetapi pada kasus di mana anda meminta komitmen yg besar , atau ketika poly orang yang terlibat pada keputusan buat bermitra menggunakan anda, proposal yg ditulis merupakan alat yang sangat diperlukan dalam mengamankan kesepakatan .

Hal ini penting buat digaris bawahi serta mengajukan proposal wajib  sebagai langkah terakhir, bukan yang pertama, dalam proses pembangunan kemitraan. Sebuah proposal hanya harus dikembangkan selesainya bekerja melalui termin-termin berikut dengan calon partner anda:

Mengidentifikasi titik yang tepat asal hubungan; mengetahui bahwa hubungan anda saat ini memiliki kewenangan untuk menghasilkan keputusan ihwal kemitraan, atau bahwa beliau memahami serta dapat memandu proses pengambilan keputusan
Belajar perihal kepentingan partner anda: apa yg mereka capai menjadi sebuah organisasi, apa jenis manfaat yang mereka ingin mewujudkan dari kemitraan
Belajar tentang organisasi partner anda: karakteristik bisnis, informasi-info kunci, kepentingan pada pendidikan, asal daya yg mereka bisa berkontribusi buat kemitraan
menentukan bagaimana partner anda mengukur keberhasilan berasal inisiatif sosial
berita ini sangat krusial pada membentuk planning kemitraan yg mempunyai kesepahaman yang sama antara anda dan  mitra anda. Serta memungkinkan anda buat membingkai kemitraan yg diusulkan pada hal bahwa partner anda akan melihat menjadi relevansi menggunakan bisnis nya atau organisasi.

BACA pula : CARA membentuk bisnis PLAN yg BAIK
ELEMEN dalam KESUKSESAN PROPOSAL

Struktur yang tepat dari proposal anda akan bervariasi berdasarkan audiens anda dan  apa yg Anda capai. Namun unsur pada bawah ini wajib  ditangani pada beberapa cara:

1. TUJUAN / MANFAAT

pada titik awal proposal-sebaiknya dimulai di halaman pertama anda. Rencana yang jelas tentang manfaat dari kemitraan baik dari segi anda/organisasi anda dan  mitra. Contoh teks:

“dengan bekerja sama, [mitra] dan  [sekolah] memiliki kesempatan untuk menaikkan minat dalam ilmu pengetahuan, serta karena itu berdampak pada kesadaran akan karir dan  seleksi, antara [populasi siswa yang ditargetkan]. Dengan bekerja dengan [sekolah] atas inisiatif ini pada mempromosikan keberhasilan nya, [mitra] tidak hanya akan bisa menampilkan diri sebagai perusahaan berkomitmen sosial di antara para pelanggan serta stakeholder, namun juga akan menyadari manfaat tertentu termasuk peningkatan semangat kerja karyawan serta meningkatkan kemampuan tenaga kerja sebagai siswa dalam memasuki global kerja. ”

ingat bahwa manfaat dasar pada sini harus diidentifikasi sesuai kepentingan calon partner anda serta didukung sang khusus lalu dalam proposal. Jangan berjanji menaikkan semangat, contohnya, Jika tidak terdapat mekanisme buat berbagi dan  mengukurnya.

2. PEMAIN KUNCI

Ini membantu untuk daftar pemain kunci dalam kemitraan sehingga partner baru Tahukah Anda siapa yg terlibat, apa peran mereka, dan  apakah mereka sudah berkomitmen buat menjalankan proyek. Pastikan buat menyertakan sekolah atau kabupaten di daftar serta mengidentifikasi donasi mereka (seperti komitmen saat staf, fasilitas, atau akses ke data).

3. ANALISIS SITUASI

Bagian ini menggabungkan deskripsi bagaimana kondisi situasi waktu ini dengan pernyataan dari kebutuhan lain yang relevan. Menjadi contoh, Anda mampu menyebutkan bahwa tingkat kelulusan buat populasi peserta didik yg ditargetkan adalah 20% pada bawah orang-orang asal gerombolan  lain, dan  garis besar  implikasi yg pada hal taraf kemiskinan dan  kekurangan dalam tenaga kerja lokal. Ini akan menyiapkan kebutuhan untuk solusi yg diusulkan.

4. USULAN SOLUSI

Ini adalah “inti” berasal proposal: pelukisan bagaimana program anda akan membantu peserta didik mendapatkan sesuatuhal penting. Anda wajib  konfiden buat mempunyai bukti asal solusi yg diusulkan: anda tak perlu menulis laporan dengan cara apapun, namun kawan anda wajib  merasa konfiden bahwa solusi anda didukung sang bukti serta memiliki kesempatan yg cukup baik.

Lima. PENGUKURAN / evaluasi

Bila seseorang akan menginvestasikan waktu, bakat, serta harta pada inisiatif kemitraan anda, mereka perlu memahami bahwa investasi mereka akan membentuk yang akan terjadi. Setelah anda diletakkan pada solusi anda, Anda wajib  menyebutkan bagaimana anda akan mengukur keberhasilan sinkron dengan tujuan Anda. Ini mampu menjadi dengan melacak yang akan terjadi, tetapi jua mampu melibatkan pre evaluasi / post yg menarik, taraf kelulusan, atau persentase peserta didik.

Langkah-langkah diatas termasuk  langkah sementara (buat memandu pengembangan program) serta langkah-langkah akibat akhir. Kuncinya merupakan buat menemukan pengukuran yg terkait menggunakan tujuan anda dan  bahwa kawan anda temukan buat sebagai relevan.

Jangan lupa juga untuk mengukur hasil yang diinginkan oleh partner anda, apakah mereka berafiliasi menggunakan kesadaran merek, moral karyawan, pengembangan staf, atau tujuan lainnya. Langkah-langkah ini, dan  tanggung jawab buat melacak mereka, mungkin tiba asal partner anda tetapi mereka wajib  dirujuk sebagai akibatnya kentara bahwa mereka sedang termasuk dalam rencana.

BACA pula : 6 seni manajemen PEMASARAN terkenal untuk perjuangan kecil
6. APA yang PARTNER ANDA AKAN BERIKAN

Titik proposal ialah buat mengamankan komitmen dari calon partner Anda; oleh karena itu Anda harus menguraikan apa yang Anda minta dari mereka. Sespesifik mungkin: Daripada meminta sukarelawan, meminta lima relawan buat hadir pada sekolah asal 03:00 hingga 16:30 di hari Senin dan  Kamis pada bulan Oktober. Serta meminta mereka buat berpartisipasi pada review atau dewan penasehat juga; mereka akan ingin masukan yg sedang berlangsung ke pada pekerjaan Anda.

7. APA PARTNER ANDA AKAN TERIMA

di awal proposal, anda menawarkan isu awam perihal manfaat partner anda akan terima; Anda harus memberikan lebih jelasnya spesifik pada mereka manfaat pada proposal. Ini termasuk bagaimana manfaat mereka akan didefinisikan serta diukur, pada hal yg relevan menggunakan partner anda. Misalnya, anda mungkin berkata bahwa “dengan memungkinkan karyawan buat berpartisipasi sebagai mentor, [mitra] dapat mengharapkan buat melihat peningkatan semangat kerja karyawan. [Partner] dapat melacak melalui survei karyawan tahunan atau dengan mempunyai karyawan berpartisipasi dalam sebelum dan  sesudah survei. ”

8. KONTRAK

Sebuah proposal adalah permintaan buat komitmen; mendapatkan Anda secara tertulis menggunakan meminta perwakilan resmi dari partner anda buat menandatangani perjanjian. Mempunyai orang yang tepat dengan organisasi anda buat menandatanganinya jua. Ini artinya sumber daya yg besar  buat mencegah kebingungan peran masing-masing pihak dan  buat menjaga hal hubungan pada kawasan pada hal perubahan kepemimpinan.

9. Ihwal ORGANISASI ANDA

Ini akan sangat membantu buat memberikan isu wacana sekolah, forum, atau organisasi nirlaba anda menjadi lampiran proposal Anda. Ingat bahwa beberapa orang membaca proposal tidak mungkin terlibat dalam diskusi. Selain mengembangkan warta-fakta dasar, Anda mungkin menampilkan diri sebagai kawan yg menarik menggunakan menyoroti bidang kekuatan dan  prestasi teranyar; Anda juga dapat secara signifikan memperkuat masalah anda dengan menguraikan keberhasilan kemitraan masa kemudian atau saat lainnya.

Kunci pada proposal yg sukses merupakan buat berbicara dari sudut pandang calon partner anda. Jika Anda dapat menyebutkan dengan cara yg secara pribadi bermakna bagi mereka apa yang akan mereka dapatkan sebagai imbalan atas partisipasi mereka (yaitu, ROI mereka), Anda akan menemukan penerimaan yg bertenaga untuk proposal anda, serta kesempatan yang lebih akbar bahwa mereka menjadi calon kawan akan bergabung menggunakan Anda sebagai partner yaang kuat dalam pekerjaan anda buat meningkatkan tujuan yang diinginkan.

Sumber : Genduit.comCara membentuk proposal penawaran kerjasama (sponsorship) 


Top