Minggu, 17 Agustus 2014

Pengertian Pasar Monopoli

Monopoli adalah suatu model pasar yang hanya ada satu penjual, output yang dihasilkan produsen bersifat lain daripada yang lain (unique product) dan di pasar ada rintangan bagi produsen lain untuk memasukinya.

Penentuan Harga Output dalam Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah suatu pasar yang memiliki ciri-ciri:

1. Hanya terdapat satu firma saja dalam industri tersebut, dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain.

2. Barang yang dihasilkan merupakan barang satu-satunya, dan tidak terdapat barang mirip yang dapat menggatikanya.

3. Tidak ada kemungkinan perusahaan lain masuk ke dalam industri.

4. dapat menguasai penetuan harga. Karena hanya terdapat satu-satunya monopolist di dalam pasar, maka penentuan harga dapat dikuasainya.

5. Promosi iklan kurang diperlukan.

Hal-hal yang memungkinkan dalam menimbulkan pasar monopoli, pada umumnya adalah sebagai berikut:

a. Produsen memiliki salah satu (beberapa) sumber daya yang penting dan kemudian ia merahasiakannya. Atau produsen memiliki pengetahuan yang lain daripada yang lain (exclusive knowledge) tentang teknik produksi.

b. Produsen mempunyai hak paten untuk output yang ia hasilkan atau proses produksi yang ia selenggarakan.

c. Pemberian ijin khusus oleh pemerintah kepada produsen tertentu untuk mengelola suatu usaha tertentu pula. Atau penetapan pemerintah (tarif) yang maksudnya untuk menghalang-halangi masuknya barang-barang sejenis dari luar negeri.

d. Ukuran pasar begitu kecil untuk dilayani lebih dari satu perusahaan yang mengoperasikan skala perusahaan optimum. Dalam kenyataan, kadang-kadang didapatkan suatu pasar yang hanya mungkin untuk dilayani oleh satu perusahaan saja yang mengoperasikan skala produksi yang optimum, contohnya dalam bidang transportasi, listrik, dan komunikasi. Pasar monopoli yang muncul dengan akibat seperti ini sering disebut dengan monopoli alami (natural monopoly)



e. Produsen mengetrapkan kebijaksanaan limitasi harga (limit pricing policy). Limitasi harga dimaksudkan supaya perusahaan-perusahaan baru tidak ikut memasuki pasar.


Top