Kamis, 07 Agustus 2014

MODEL PERMAINAN MINORITAS

Karena hampir semua sistem sosial adalah kompleks, maka ide membuat model yang kompleks kadang muncul dari lingkungan keseharian kita. Diambil dari teori permainan, tersebutlah Permainan Minoritas, atau Minority game. Idenya sebetulnya sederhana saja: Bagaimana mencari saat yang tepat untuk pergi ke sebuah warung kopi (atau bar) dengan memperhitung kan keputusan orang lain yang juga biasa ke tempat tersebut.
Tersebutlah ada sebuah bar di Santa Fe bernama bar El- Farrol. Idealnya, bar itu dapat menampung 60 orang pengunjung. Padahal ada 100 orang yang selalu ingin menghadiri acara mingguan di bar tersebut. Celakanya, semua orang hanya ingin hadir kalau jumlah pengunjung tidak lebih dari 60 orang. Maka dilemanya adalah bagaimana setiap orang dari 100 orang tersebut menentukan untuk datang atau tidak datang secara terpisah dan tanpa ada komunikasi di antara mereka. Informasi yang mereka miliki hanyalah jumlah yang hadir di minggu-minggu sebelumnya.
Contoh lain, kita mungkin ingat permainan masa kecil kita di kampung: . Ada dua pilihan kondisi yakni jika tangan kita menelungkup, maka kita menjadi pasien-pasienan sedangkan tangan yang terbuka akan menjadi dokternya yang jumlahnya satu orang. Setiap orang yang bermain tersebut menginginkan menjadi dokter-dokteran dikarenakan keuntungan tertentu. Dalam permainan ini, semua orang tanpa mengetahui pilihan temannya yang lain untuk menelungkup atau membuka tangan bermain. Hanya menduga dari sikap tangan temannya di waktu sebelumnya. Sekarang, bayangkan Anda adalah pedagang pakaian di pasar.Di blok anda semua kios menjual jenis barang yang sama. Anda tentu ingin memperoleh untung sebesarbesarnya.

Terdapat sebuah strategi bahwa jika anda menurunkan harga pakaian anda, anda akan memperoleh lebih banyak pembeli, dan tentunya memperoleh keuntungan lebih. Tapi, tukang kios lain tidak boleh mengetahuinya, jika banyak pedagang kios tersebut berpikiran sama, maka harga pakaian di pasar itu akan turun dan anda hanya dapat memperoleh untung sedikit. Seperti halnya seorang sopir untuk menjemput tuannya di stasiun kereta tepat pada waktunya, ia harus berspekulasi untuk memilih rute yang paling tidak macet, pada s a a t yang sama i a harus mempertimbangkan berapa orang yang mungkin memilih keputusanyang sama.  Dalam konteks ekonofisika, permainan minoritas merupakan upaya fisikawan untuk menjelaskan perilaku pasar melalui interaksi pelaku-pelaku pasar. Model ini menekankan pada perdagangan spekulatif dan arus informasi. Masalah seperti dalam kasus bar atau diaplikasikan pada fenomena pasar. Model-model ini dikategorikan permainan minoritas dan secara simplistik dapat dianggap sebagai suatu model mikro untuk menggambarkan kondisi pasar, khususnya pasar modal. Aturan-aturan main inilah yang lalu dipindahkan ke dalam komputer untuk kemudian disimulasikan sehingga beberapa aspek makro seperti formasi harga pasar, volume perdagangan, dan sebagainya dapat ditelaah dari aspek mikronya.


Top