Jumat, 27 Juni 2014

PENGERTIAN PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH

 Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakatnya menelola sumberdaya-sumberdaya yang ada di daerah tersebut sesuai dengan kondisi alam, geografis, sosial, budaya setempat sehingga melahirkan suatu strategi pembangunan yang berbasis pada potensi ekonomi setempat.

· Masalah pokok dalam pembangunan daerah adalah terletak pada penekanan terhadapp kebijakan-kebijakan pembagunan yang didasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan (endogenous development) dengan menggunakan potensi sumberdaya manusia, kelembagaan, dan sumberdaya fisik secara local (daerah).

· Rencana pembangunan atau rencana ekonomi disusun para perencana menurut suatu model statistik atau model matematik tertentu yang dianggap paling mewakili kondisi structural yang ada dalam suatu perekonomian selama kurun waktu perencanaan yang telah ditentukan.
· Suatu model ekonomi dapat didefinisikan sebagai seperangkat hubungan terorganisasi yang memungkinkan berfungsinya suatu kesatuan ekonomi, apakah itu merupakan rumah tangga atau perusahaan individual, perekonomian nasional, atau bahkan perekonomian dunia sekalipun, dengan memakai seperangkat asumsi-asumsi yang telah disederhanakan.


Top