Jumat, 27 Juni 2014

KONSEP DASAR EKONOMI PEMBANGUNAN

 Permasalahan Ekonomi Pembangunan kurang mendapatkan perhatian secara khusus pada masa Perang Dunia kedua (PD II). Hal ini disebabkan karena focus utama negara-negara sedang berkembang (NSB) yang sebagian besar masih merupakan daerah jajahan adalah upaya untuk segera menjadi bangsa yang merdeka.
· Setelah berakhirnya PD II, perhatian dunia terhadap pembangunan ekonomi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pencapaian kemerdekaan menjadikan NSB berkeinginan keras untuk segera membangun perekonomiannya guna mengejar ketertinggalan mereka dalam bidang ekonomi jika dibandingkan dengan negara-negara maju.

· Makna pembangunan ekonomi terus mengalami evolusi, dari semula hanya kenaikan pendapatan perkapita saja, maka sekarang pembangunan ekonomi dipandang sebagai proses multidimensional, melibatkan tidak hanya variable makro ekonomi saja sebagai indicator utama, melainkan variabel non ekonomi juga, misalnya social, kelembagaan, pendidikan, aspirasi politik, dan sebagainya.

· Sebagai konsekuensi dari evolusi makna pembangunan, maka tujuan pembangunanpun mengalami pergeseran makna. Tidak saja mengejar tingginya pertumbuhan ekonomi melalui pencapaian kenaikan pendapatan, tetapi juga terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan, baik kebutuhan material maupun non material, seperti kebebasan, kesetaraan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.


Top