Minggu, 29 Juni 2014

ANALISIS INTEGRAL TERTENTU

Integral tertentu adalah integral dari suatu fungsi yang nilai-nilai variabel bebasnya (memiliki batas-batas) tertentu. (Dumairy,1991). Integral tertentu digunakan untuk menghitung luas area yang terletak diantara kurva y = f (x) dan sumbu horisontal – x, dalam suatu rentangan wilayah yang dibatasi oleh x = a dan x = b.
Dalam integral tertentu dikemukakan bahwa : ∫ f(x)dx = f(x) + K
Untuk mengetahui hasil integral tersebut  untuk suatu rentangan wilayah tertentu, misalnya antara x = a dan x = b dimana a < b, maka x dapat disubstitusikan dengan nilai-nilai a dan b sehingga ruas kanan persamaan di atas menjadi :
{F(b)+k}- {F(a)+K}= F(b)-F(a)
F(b) - F(a) adalah hasil integral tertentu dari f(x) antara a dan b secara lengkap persamaan tersebut dapat dituliskan menjadi :
ab f (x) dx = {F (x)}b= F(b)-F(a)
            Integral tertentu merupakan suatu fungsi limit yang fundamentalnya, sama seperti limit turunan (Johannes,1974). Definisi integral sebagai limit, misalkan f(x) terdefinisikan dalam integral tertutup {a,b} dan titik-titik xi membagi internal itu dalam n subinternal ∆ Xi = {xi,xi+1}. Dalam subinterval ∆Xi diasumsikan titik-titik Xi, maka integral tertentu, f(x) antara batas bawah a dan batas bawah b, didefinisikan sebagai berikut :
a∫­b f(x)dx = Limn→∞{f(xi)∆xi+f(x­­2)∆x2+. . .+f(xn)∆xn}
               =  Limn→∞n1 f(xi)∆xi
                    = F(b) – F(a)
­­F(x) = integral tak tentu fungsi f(x). Kalau Xi diambil berimpit Xi, maka :
            ab f(x) dx = Limn→∞n1 f(x­1)∆xi
ab f(x) =F(b) – F(a), dimana toerema fundamental hitung integral (Johannes,1974).

            Hasil yang membenarkan perhitungan luas dengan menggunakan integrasi dikenal sebagai dalil dasar kalkulus integral (fundamental theorem if integral calculus). Misalnya f(x) berkesinambungan dan positif untuk interval x = a ke x = b.
            Limn→∞ni=1 f(xi) ∆xi = ab f(x) dx = F(b) – F(a)
Integral tertentu, ab f(x) dx dapat diartikan sebagai luasan yang dibatasi oleh fungsi positif yang berkesinambungan y = f(x), sumbu x dan garis x = a serta garis x = b, dimana a < b.
            Dalam definisi tentang luas yang diberikan diatas
            A = ab f(x) dx
f(x) dasumsikan sebagai fungsi positif yang berkesinambungan diantara a dan b. Jika f(x) negatif diantara a dan b, yaitu jika kurva y = f(x) terletak dibawah sumbu x diantara a dan b, maka nilai integral :
            A = ab f(x) dx adalah negatif.
Luas yang terletak dibawah sumbu x ini disebut  luas negatif (negative area) ; luas absolut total diantara sebuah kurva, sumbu x dan dua buah ordinat tertentu adalah :
            Luas Total = ∑ (luas-luas positif) - ∑ (luas-luas negatif).

Hal ini sama saja dengan mengatakan bahwa itu semua dengan nilai absolut atau mutlak integral dan oleh karena itu selalu positif (Jean E.Weber, 1991).


Top