Rabu, 14 Desember 2011

Pengertian Perencanaan Pembangunan


Perencanaan pembangunan pada dasarnya merupakan suatu proses usaha dalam bentuk kebijaksanaan yang berhubungan dengan kegiatan pembangunan atau ekonomi dengan cara menetapkan lebih dahulu kemampuan, sifat, dan hasil proses usaha tersebut. Hal tersebut memberikan kesan penerapan secara sadar dari kebijaksanaan pembangunan yang akan memberikan pelayanan terbaik bagi kepentingan seluruh masyarakat.

2.4.1. Pengertian Perencanaan Pembangunan
            Selama ini belum ada definisi resmi yang digunakan oleh para ahli ekonomi untuk menjelaskan istilah ini. Berikut ini dikemukakan pendapat dari beberapa ahli (Arsyad, 1999:31):
*      Conyers dan Hills
Mendefinisikan perencanaan sebagai suatu proses yang berkesinambungan yang mencakup keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan berbagai alternatif penggunaan sumberdaya untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masa yang akan datang.
*      Mohammad Hatta
Tujuan perencanaan adalah mengadakan suatu perekonomian nasional yang diatur serta yang direncanakan tujuannya dan jalannya.

*      Widjojo Nitisastro
Perencanaan pada dasarnya berkisar pada dua hal, yang pertama adalah penentuan pilihan secara sadar mengenai tujuan konkret yang hendak di capai dalam jangka waktu tertentu. Yang kedua ialah pilihan-pilihan di antara cara-cara alternatif yang efisien serta rasional guna mencapai tujuan-tujuan tersebut.



Top