Kamis, 01 Juli 2010

RITATON

I. Kedudukan
a. Pola Pembelajaran
-media ini tidak cocok dengan pola pembelajaran tradisional karena guru sebagai sumber belajar tanpa menggunakan media.

-media ini cocok menggunakan pola pembelajaran berbagi antara guru dan media karena media dapat membantu guru lebih memperjelas materi yang disampaikan.

-media ini tidak cocok menggunakan pola pembelajaran media saja (sebagai sumber utama) karena media ini membutuhkan bantuan guru untuk memperjelas materi yang disampaikan dengan menggunakan media.

-media ini cocok menggunakan pola pembelajaran dengan media (sebagai alat bantu ) karena media ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.

-media ini cocok menggunakan pola pembelajaran kombinasi karena media ini dapat dikombinasikan dengan media lain untuk memperjelas dalam penyampaian materi.

b. Fungsi
-sebagai media pembelajaran karena dengan menggunakan media ini akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi
-sebagai alat bantu karena media ini dapat membantu sisiwa lebih semangat belajar dengan media yang lebih menarik.

c. Pencapaian Pembelajaran
-media ini dapat mencapai tujuan kognitif karena dapat membantu siswa dalam berfikir kritis dan pengetahuan berbahasa yang benar dan baku.

-media ini dapat mencapai tujuan psikomotorik karena dapat melatih siswa dalam ketrampilan ( berbicara ) berbahasa yang benar dan baku.

-media ini dapat mencapai tujuan afektif karena media ini dapat mempengaruhi sikap sisiwa dalam menyampaikan pesan yang diperoleh kepada orang lain.


II. Pemilihan
a.Prinsip
Tujuan memilih media pembelajaran ini karena media ini dapat mempengaruhi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan penggunaan media yang menarik siswa akan lebih bersemangat dalam mngikuti proses pembelajaran
b Kriteria
-Tujuan instrusional yang ingin dicapai
-Karakteristik siswa / sasaran
-Jenis rangsangan belajar yang diinginkan
-Keadaan lingkungan / kondisi setempat
-Luasnya jangkauan yang ingin dilayani


III. Penggunaan media pembelajaran
a.Prinsip penggunaan
Penggunaan media yang optimal dan pendidik yang komunikatif akan membantu permudah siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.


b Prosedur
-Sebelum
-guru menyiapkan materi dan media yang akan disampaikan kepada siswa dengan menyusun gambar dalam urutan mulai gambar yang ditampilkan lebih dulu dekat dengan guru sampai urutan terakhir ke papan ke arah pebelajar
-Sisakan lajur-lajur kosong di depan sejumlah gambar yang akan mengisinya
-memastikan bahwa media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran tidak mengalami kerusakan.

-Selama
-dalam menerangkan materi, guru harus bisa lebih komunikatif agar siswa bisa menangkap materi apa yang disampaikan.

-Gambar kita tampilkan sesuai dengan urutan yang telah di susun tiga yaitu dari yang paling dekat dengan anda

-Menggunakan media semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran dan dipastikan siswa dapat menerima materi yang disampaikan dengan menggunakan media.

-Sesudah
-setelah selesai menggunakan media sebaiknya segera dibereskan agar tidak rusak
-setelah dibereskan kemudian media sebaiknya disimpan ditempat yang aman agar media dapat digunakan kembali


IV. Pemanfaatan
a.Prinsip-prinsip pemanfaatan
Media ini digunakan semaksimal mungkin agar dapat membantu siswa lebih memahami materi yang disampaikan guru.

b.Prosedur
1.Sebelum
-menyiapkan materi dan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
-Membuat siswa lebih aktif dalam menerima pelajaran dengan menggunakan media.

2.Selama
-Pendahuluan
-guru membuka pelajaran dengan salam
-guru sedikit membahas pelajaran yang disampaikan
kemarin

-Inti
-guru menjelaskan sedikit tentang materi yang akan disampaikan
-guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang materi yang disampaikan melalui media.
-Guru memberikan tugas kelompok pada siswa dan mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok didepan.

-Penutup
-guru membuat kesimpulan dari beberapa pernyataan siswa
-guru menutup pelajaran dengan salam

3.Sesudah
Sesudah menerangakan materi, diharapkan siswa dapat lebih berpikir kritis dan dapat mengemukakan pendapatnyadengan menggunakan bahasa yang baik dan baku

V.Perawatan
a.Perawatan/Pemeliharaan
Setelah menggunakan media gambar berseri ini sebaiknya segera disimpan ditempat yang aman seperti di dalam rak buku atau almari. Bila perlu, agar media gambar berseri tidak rusak karena binatang atau terkena air bisa diletakkan di pigura agar lebih kelihatan rapi dan tidak mudah rusak atau bisa dibuatkan kantong atau amplop pembungkus yang dapat membuat seri gambar dengan dideri keterangan seperlunya pada bagian luar kantong tersebut

b.Perbaikan
Apabila media gambar berseri mengalami kerusakkan, seperti sobek dan lain sebagainya, sebaiknya segera membuat yang baru karena apabila media ini rusak tidak dapat digunakan kembali sebaiknya kalau warnanya pudar di bericat lagi dengan warna yang tidak terlalu kontras
Misalnya warna krem,kuning atau hijau muda

IV. Trectment (lembar sendiri)
a.Identifikasi
-Mata pelajaran
-Pokok materi
-Tingkat sekolah/panjang
-Kelas/waktu
b.Tujuan
-SK(surat keputusan)
-KD dan indicator
-Tujuan pembelajaran
c.Kegiatan pembelajaran
1.Pelaksanaan
2.Persiapan
-Pendahuluan
-Inti
-Penutup
3.Tindak lanjut



Top