Kamis, 01 Juli 2010

Media Puzzle

Sebelum membicarakan tentang media pembelajaran adapun sejarah perkembangan media diawali dengan dikenalnya alat. Menurut Hacnalik (dalam Sihkabuden,1995:3) menyebutkan bahwa alat identik dengan alat peraga yang artinya segala sesuatu yang dapat memberikan rangsangan alat indra agar pesan yang dapat diterima dengan baik. Karena pengertian alat dianggap terlalu sempit, kemudian pengertian alat tersebut berkembang menjadi media. Pengertian media disini mengarah pada sesuatu yang menngantar atau meneruskan informasi atau pesan antara sunber dan penerima pesan. Batasan media menurut garne (Latuheru,1986:6) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk berlajar.

Pada hakikatnya dalam proses pembalajaran terjadi proses komunikasi, artinya ada proses penyampaian pesan dari guru melalui saluran atau media tertentu kepada penerima pesan pembelajar).Selama ini masih banyak orang yang awam dengan istilah puzzle.kata puzzle berasal dari bahasa inggris yang berarti teka-teki atau bongkar pasang, media puzzle merupakan media sederhana yang dimainkan dengan bongkar pasang,(Patmonodewo,2000:19).Spodek (1991:206) mendefinisikan media puzzle sebagai salah satu media bermain yang dapat dimainkan diatas nampan atau bingkai (tempat memainkan potongan-potongan puzzle) yang di letakkan diatas meja. Dengan demikian maka sianak dapat mengambil dan mengembalikan sendiri media puzzle tersebutketempat penyimpanan media semula

Jenis-jenis Media Puzzle
Puzzle yang sekarang beredar ditoko-toko tersedia dalam berbagai macam bentuk, ukuran, fungsi dan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Media puzzle yang didesain untuk anak biasanya dikemas dalam bentuk yang sederhana, menarik dan berfungsi untuk pengenalan benda yang ada disekitar lingkungannya. Media puzzle merupakan ialah suatu media bermain yang disukai anak.anak dapat bermain dengan menggunakan media puzzle dengan cara memadu padankan atau mencari padamu, merangkai dan menyempurnakan salah satu media bermain manipulatif, dimana anak dapat mengeksplorasikan kegiatan bermainnya melalui media puzzle sesuai dengan daya piker dan kreativitasnya.

Jenis media puzzle dapat dibedakan menurut bentuk atau wujud media puzzle atau tingkat kesulitan dari pemanfaatanya, media puzzle merupakan media visual yang dapat berwujud media 2 dimensi dan 3 dimensi. Yang membedakan antara media 2 dimensi dan 3 dimensi dilihat dari cirri-ciri yang dimilikinya adapun cirri-ciri media puzzle antara lain sebagai berikut:

Media 2 dimensi memiliki cirri-ciri :1) terdiri dari potongan gambar-gambar;2)memiliki atau disertai bingkai namun sebagai tempat untuk meemainkannya;3)terbuat dari bahan karton;4)berfungsi untk pengenalan gambar atau benda di sekitar lingkungan anak serta untuk mempermuda kordinasi motorik halus anak;5)cara memainkannya, anak harus melihat bentuk awal media puzzle sebelum di bongkar atau dengan melihat gambar yang tersedia, selalu dibongkar dan diacak kemudian anak diminta untuk menyusun kembali potongan gambar sesuai dengan contoh yang ada

Media 3 dimensi memiliki cirri-ciri:1)mempunyai ukuran panjang, lebar dan tinggi;2)berbentuk potongan

Macam media puzzle dari segi tingkat kualitasnya antara lain:

a.puzzle tomax
Puzzle Tomax merupakan puzzle kualitas tinggi. Berikut adalah keunggulan dari puzzle ini..Gambar cetakan dengan kualitas yang terbaik.,Gambar yang tersedia memiliki moment khusus yang unix.Kemampuan interlocking sehingga puzzle tidak mudah pecah ketika sedang disusun. Setiap pecahan tidak ada yang sama, sehingga pecahan puzzle tidak bisa dipasang ditempat yang salah.

Terdapat beberapa Puzzle Glow In The Dark (nyala dalam gelap) dengan harga yang sangat murah. Tersedia puzzle ukuran 950 pcs (35 cm x 110 cm), 1000 pcs (50 cm x 75 cm), 1500 pcs (57 cm x 87 cm) dan 500 pcs (37 cm x 50 cm).Puzzle 950 pcs adalah puzzle panorama, dimana puzzle ini di photo dengan kamera lensa lebar sehingga bisa menangkap object gambar dengan lebih luas. Hanya puzzle Tomax yang memiliki puzzle jenis ini.

b. Kaokai puzzle.
Puzzle Kaokai mempunyai kualitas yang sama dengan puzzle Tomax, hanya saja berbeda dari pemilihan gambarnya saja. Puzzle ini khusus mengambil gambar rohani kristen. Cocok untuk disimpan di ruang tamu ataupun ruang keluarga.Memiliki 2 jenis yaitu Glow In The Dark dan Non Glow. Ukurannya yang tersedia adalah 1.000 pcs dengan ukuran bidang gambar 50 cm x 75 cm.

c. Next puzzle.
Puzzle Next mempunyai kualitas yang sama dengan puzzle Tomax..Gambarnya sangat unik karena memiliki gambar dengan tema binatang laut seperti ikan lumba-lumba, ikan paus, kura-kura dan ikan-ikan hias.Ketika memandang gambar ini membuat ketenangan dalam hati dan pikiran, sehingga cocok untuk di simpan di ruang kerja ataupun ruang tamu. Puzzle ini merupakan Puzzle Glow In The Dark. Ukurannya yang tersedia adalah 500 pcs dengan ukuran bidang gambar 37 cm x 50 cm. Harga puzzle ini Rp. 180.000.

d. Timmy puzzle.
Puzzle Timmy memiliki kualitas dibawah Puzzle Tomax dan Puzzle Kaokai, tapi tidak usah khawatir, ketebalannya cukup baik sehingga tidak akan mengecewakan ketika menyusunnya. Masing-masing potongan puzzle tidak ada yang sama, sehingga membantu untuk menyusunnya tanpa kesalahan pemasangan. Setelah puzzle ini tersusun dan di beri figura kaca, tidak akan berbeda dengan Puzzle Tomax dan Puzzle Kaokai. Bagi penggemar puzzle yang mempertimbangkan faktor harga maka Puzzle Timmy bisa menjadi pilihan. Selain itu beberapa gambar yang tidak dimiliki oleh Puzzle Tomax dan Puzzle Kaokai juga sebagai pertimbangan untuk memilih jenis puzzle ini.Ukurannya 1.000 pcs dan ukuran bidang gambar 50 cm x 75 cm (Non Glow).Harga puzzle ini Rp. 100.000.

e. Hologram puzzle.
Puzzle Hologram merupakan puzzle yang sangat unik karena puzzle ini memiliki gambar yang bisa memantulkan cahaya berwarna warni (hologram).Puzzle ini sangat mudah untuk disusun, karena memiliki panduan abjad ataupun huruf di belakang gambar. Tidak seperti puzzle yang lain disusun dari depan, puzzle ini justru disusun dari belakang atau dengan cara dibalik. Jadi puzzle ini disusun dengan cara mengelompokan gambar menurut abjad atau hurufnya. Puzzle ini khusus dibuat dengan gambar Zodiac. Dan satu gambar cewe setengah telanjang. Meskipun demikian tidak berkesan porno karena dibuat dengan artistik sehingga terlihat memiliki seni yang tinggi. Ukurannya 1.000 pcs dan ukuran bidang gambar 50 cm x 75 cm.Harga puzzle ini Rp. 60.000.

f. Future puzzle.
Puzzle Future merupakan puzzle termurah dari semua jenis puzzle yang ada. Tapi meskipun yang termurah bukan berarti mengabaikan kualitas. Puzzle ini lumayan tebal, kalau pernah membeli puzzle China di Gramedia Citra Land, maka puzzle ini memiliki ketebalan 2x lipat dari puzzle tersebut. Puzzle ini sangat mudah untuk disusun, karena memiliki panduan abjad ataupun huruf di belakang gambar. Tidak seperti puzzle yang lain disusun dari depan, puzzle ini justru disusun dari belakang atau dengan cara dibalik. Jadi puzzle ini disusun dengan cara mengelompokan gambar menurut abjad atau hurufnya.

Puzzle ini juga memiliki gambar yang berbeda dibandingkan dengan puzzle yang lainnya. Bila anda mempertimbangkan harga, puzzle ini boleh sebagai pertimbangan. Setelah di figura, puzzle ini tentu saja masih memiliki keunikan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gambar poster. selain itu puzzle ini memiliki jumlah pcs yang banyak, ada yang berukuran 3.000 pcs, 2.000 pcs dan 1.000 pcs.

g. Photo puzzle.
Puzzle Photo di buat menggunakan digital printing dengan ukuran A4 dan A5 dengan harga yang sangat murah. Hal ini diberikan untuk mempermudah gambar secara custom. Pemesan cukup dengan mengirimkan gambar atau photo yang diinginkan dan akan di cetak di atas puzzle ukuran A4 atau A5.

h. Wooden puzzle..
Wooden Puzzle adalah puzzle 3D yang terbuat dari bahan kayu. Kualitas kayu terbaik membuat kayu ini tahan lama.Puzzle ini akan membentuk hasil tiga dimensi, sehingga akan membentuk prototipe dari berbagai macam jenis, seperti binatang, bangunan sejarah, atau bahkan dinosaurus.

Kelebihan Media Puzzle
Sebagaimana kita ketahui, otak terdiri dari bagian kiri dan kanan. Otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik seperti baca-tulis,hitung atau matematika, daya ingat,(nama, waktu, dan peristiwa) logika dan analisis.Sedangkan otak kanan berkaitan dengan perkembangan artistik dan kreatif, perasaan, gaya bahasa, irama musik, imajinasi, lamunan, warna, sosialisasi serta perkembangan kepribadian .Otak manusia sendiri berkembang pesat saat bayi lahir hinngga berumur 5 tahun. Sebagian otak mampuh sudah terhubung untuk mengatur pergerakan tubuh, misalnya denyut jantung dan pernafasan. sedang.milyaran simpul saraf belum memiliki fungsi khusus dan belum berhubung, sekitar 400 trilyun simpul saraf terbentuk selama 3 tahun pertama kehidupan manusia, dan 2 tahun kemudian merupakan waktu yang efektif untuk pengembangan. Bila tidak dimanfaatkan oleh orang tua sebaik-baiknya maka kesempatan untuk mempunyai anak ber IQ tinggi terbuang percuma.

Mencermati semua itu, maka untuk mengoptimalkan perkembangan kedua belah otak kanan dan kiri, stimulasi yang diberikan harus seimbang dan justru pendidikan dan permainan yang diberikan dirumah oleh orang tua kepada anak sejak kecil lah yang membuat anak memiliki IQ tinggi. Demkian dikemukanan oleh Prof Craig Ramey, pakar psikologi yang tergabung dalam Asosiasi Psikologi Amerika.Berkaitan dengan usaha untuk memaksimalkan kecerdasan dan kreativitas anak, puzzle adalah salah satu bentuk permainan yang sangat dipercaya sebagai media yang bisa membantu mengembangkan kecakapan motorik halus dan dengan koordinasi antara tangan dan mata, menata puzzle menjadi sebuah bentuk hewan, pesawat, kapal, dsb. Ketika bermain puzzle bersama teman atau orang tuanya, ia akan belajar berimajinasi, berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain.

Anak dari umur 12 bulan bisa bermain dengan puzzle dua keping. Seiring dengan perkembangan anak, mereka akan menikmati puzzle dengan kepingan yang lebih banyak. Ketika anda melihat sedang frustasi dengan sebuah puzzle, berikan saran-saran yang menyemangati anak. Misalya : bagian ini berwarna kuning, bisakah kamu mencari gagian dengan warna yang sama. Berikan ucapan terimakasi dan dukungan pada setiap usaha anak agar mereka merasa percaya diri dan berkemampuan. Rasa percaya diri dapat menambah rasa aman pada anak. Anak akan lebih senang berpatisipasi jika kepingan puzzle diletakkan dilantai atau di meja. Ajaklah anak memulai menyusun sendiri atau membantu menyelesaikan apa yang anda kerjakan. Pastikan anda mempunyai persediaan puzzle yang memadai dan berikan satu-satu jangan sekaligus semua. Ketika anak sudah bosan bermain berkali-kali dengan puzzle yang sama segera berikan puzzle yang lainnya.(Agus Rosidi,2006:26-31)

Sangat mungkinkan anak melakukan berbagai aktifitas bermain tanpa mengenal leleh. Dengan bermain anak dapat menyalurkan kelebihan enegi yang terkandung dalam tubuhnya sekaligus berlajar dan berlatih dalam suasana riang untuk meningkatkan fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya. Tetapi sering terjadi kesalahan fatal yang dilakukan oleh orang tua, guru dan pengasuh terhadap anak. Mereka salah dalam mengartikan tentang pentingnya bermain pada usia kanak-kanak, sekarang ini banyak diciptakan berbagai kegiatan main juga alat main, yang semakin kreatif, mahal dan beraneka macam, bahkan telah diproduksi masal oleh pabrik-pabrik besar.namun terkadang alat terseut kurang berfaedah bagi anak-anak

A.beberapa manfaat bermain puzzle:
1. Mengasah otak
puzzle adalah cara yang bagus untuk mengasah otak si kecil, melatih sel-selnya dan memecahkan masalah.
2. Malatih koordinasih mata dan tangan.
Puzzle dapat melatih koordinasi tangan dan mata anak. Mereka harus mencocokkan keeping-keping puzzle dan menyusunnya menjadi satu gambar. Permainan ini membantu anak mengenal bentuk dan ini merupakan langkah penting menuju perkembangan keterempilan membaca..
3. Melatih nalar
Puzzle dalam bentuk manusia akan melati nalar mereka. Mereka akan menyimpulkan da mana letak kepala, tangan, kaki dan lain-lain sesuai dengan logika..
4. Melatih kesabaran
puzzle juga dapat melatih kesabaran anak dalam menyelesaikan suatu tantangan.
5 Pengetahuan

dari puzzle anak akan berlajar, misalnya puzzle tantang warna dan bentuk. Anak dapat belajar tentang warna-warna dan bentuk yang ada. Pengetahuan yang diperoleh dari cara ini biasanya lebih mengesankan gabi anak disamping dengan pengetahuan yang dihafalkan. Anak juga dapat belajar konsep dasar,binatang, alam sekitar, jenis buah alphabet dan lain-lain. Tetepi tentunya harus dengan bantuan ibu atau orang lain yang mendampinginya

Suatu puzzle merupakan suatu masalah atau misteri yang dipecahkan dengan kepandaian dan kreativitas. Solusi untuk puzzle mungkin membutuhkan pola yang sudah ada dan menciptakan aturan khusus. Puzzle berdasar pada proses penyelidikan dan penemuan untuk menyelesaikannya, yang mungkin dapat dipecahkan lebih cepat oleh mereka yang mempunyai kemampuan deduktif yang bagus. Sejarah puzzle ini telah melampaui ribuan tahun.Ada berbagai tipe puzzle, seperti maze, yang merupakan tipe puzzle tour. Kategori lain meliputi puzzle konstruksi,puzzle batang, puzzle lantai, puzzle angka, puzzle transport, puzzle gambar, puzzle logika, puzzle mekanik dan lain-lain.

Mainan dan bermain merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran mengenal dunia dan tumbuh dewasa. Seorang anak menggunakan mainan untuk menemukan identitas, membantuh tubuh menjadi kuat, mempelajari sebab dan akibat, mengembangkan hubungan, dan mempraktakkan kemampuan mereka. Mainan lebih sekedar bersenang-senang, karena mainan dapat digunakan untuk mempengaruhi aspek kehidupan.



Top