Selasa, 12 September 2017

Trial Balance (Neraca Saldo)

Dalam sistem akuntansi ada beberapa siklus akuntansi yang harus dilakukan baik oleh perusahaan jasa maupun perusahaan dagang. Sistem akuntansi berguna sebagai laporan keuangan beserta kegiatan yang terjadi pada setiap kegiatan yang ada pada perusahaan. Umumnya sistem akuntansi pada perusahaan dagang maupun jasa tidak memiliki perbedaan yang spesifik atau khusus. Perbedaan hanya terletak pada kegiatan yang ada pada perusahaan barang ataupun jasa yang juga membuat sedikit perbedaan pada siklus maupun akun dalam sistem akuntansinya.

1. Pengertian Neraca Saldo

Neraca saldo adalah suatu daftar yang berisikan sisa atau saldo-saldo akun buku besar yang dicatat secara sistematis menurut nomer kode akun buku besarnya, disertai jumlah debet dan kredit akun yang bersangkutan. Neraca saldo berfungsi sebagai alat pemeriksa terhadap kebenaran pencatatan dalam buku besar.
Penyusunan neraca saldo bertujuan untuk memeriksa keseimbangan antara jumlah saldo debet dengan jumlah saldo kredit untuk masing masing akun, dan dapat mengetahui terjadinya kesalahan serta sebagai awal pengikhtisaran dalam menyusun perhitungan laba atau rugi dan  neraca.

2. Manfaat Neraca Saldo

Manfaat dari penyusunan neraca saldo bagi suatu perusahaan adalah:

  1. Dapat memudahkan melakukan pengecekan terhadap kebenaran buku besar yang telah dibuat. Ketika jurnal buku besar yang dibuat dengan benar sebagai dasar penyusunan neraca saldo, maka jumlah total angka kolom debet dan kredit yang muncul di neraca saldo akan menunjukan jumlah saldo yang balance (sama/seimbang). Dengan demikian neraca saldo dapat dianggap benar.
  2. Penyusunan neraca saldo bermanfaat sebagai sumber pembuatan kertas kerja (neraca lajur) dan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.
3. Fungsi Neraca Saldo

Neraca saldo yang berguna sebagai bahan evaluasi karena menyajikan ringkasan daftar dari saldo-saldo akun yang berasal dari buku besar (the ledger) memiliki fungsi sebagai berikut:

1.Fungsi Persiapan

Neraca saldo berfungsi untuk mempersiapkan pembuatan laporan keuangan pada suatu perusahaan baik perusahaan dagang maupun jasa.

2. Fungsi Pencatatan

Fungsi pencatatan merupakan fungsi utama dari penerapan ilmu akuntansi dalam penyajian data pada perusahaan baik perusahaan dagang atau jasa. Setiap data data pada setiap akun rekening akan dibuat catatannya oleh neraca saldo dengan penyajian yang ringkas.

3. Fungsi Koreksi

Neraca saldo merupakan laporan keuangan yang berguna sebagai bahan evaluasi sebelum pembuatannya hal yang lebih dulu dilakukan yaitu melakukan koreksi terhadap seluruh catatan serta siklus akuntansi. Inilah yang dimaksud dengan fungsi koreksi dari neraca saldo.

4. Fungsi Monitoring

Catatan neraca saldo yang berisi tentang ringkasan data pada setiap akun selain berfungsi sebagai informasi juga dapat berfungsi sebagai monitoring keuangan dalam perusahaan baik perusahaan barang atau jasa.

4. Bentuk Neraca Saldo

Adapun bentuk neraca saldo dapat disajikan sebagai berikut:


Langkah - langkah penyusunan Neraca Saldo :

Neraca saldo diatas disusun dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Tuliskan nama perusahaan, daftar saldo dan periode pembukuan
  2. Kolom nomor akun diisi dengan nomor kode akun masing masing yang ada di buku besar
  3. Kolom nama akun diisi dengan nama akun yang bersangkutan sesuai dengan kode akunnya yang ada di buku besar
  4. Kolom debet dan kredit diisi dengan saldo dari akun buku besar yang bersangkutan
Sebagai ilustrasi cara penyusunan neraca saldo


Kesalahan dalam pembuatan neraca saldo
  1. Kesalahan yang tidak menganggu keseimbangan neraca saldo, misalnya transaksi tidak dicatat atau lupa dicatat dalam jurnal maupun buku besar, transaksi salah catat debet atau kredit atau masuk ke akun lain.
  2. Kesalahan yang mengakibatkan neraca saldo tidak seimbang, misalnya kesalahan dalam penjumlahan saldo dari masing masing akun dan kesalahan memindahkan saldo akun ke neraca saldo.
sumber:
http://dosenakuntansi.com/pengertian-neraca-saldo
https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=11&idmateri=267&mnu=Materi5&kl=10
http://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/pengertian-nerca-saldo-serta-bentuk-dan-contohnya/


from HOT COFFEE http://razzratu.blogspot.com/2017/09/trial-balance-neraca-saldo.html


Top