Kamis, 07 September 2017

Peran dan Manfaat Pasar Modal Bagi Negara

Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan dan pemerintah, dan sebagai sarana kegiatan berinvestasi bagi pemilik dana. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual belidan kegiatan terkait lainnya. Banyak masyarakat yang awam  tidak bisa membedakan antara pasar uang dengan pasar modal. Pasar uang adalah surat berharga yang jatuh teponya kurang dari 1 tahun. Pasar uang merupakan salah satu instrumen investasi yang ada di pasar modal.

Pasar Modal memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi sekaligus, fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.
1. Fungsi ekonomi karena pasar menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (Issuer)
2. Fungsi keuangan karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Manfaat pasar modal bisa dirasakan baik oleh investor, emiten, pemerintah dan masyarakat. Bagi masyarakat, manfaat dari pasar modal antara lain:
1. Wahana Investasi : Sebagai tempat investasi bagi investor yang ingin berinvestasi di aset keuangan.
2. Meningkatkan Kekayaan : Hasil investasi di pasar modal dapat meningkatkan kekayaan dalam bentuk kenaikan harga dan pembagian keuntungan. 

Bagi Emiten (Perusahaan), manfaat dari pasar modal antara lain:
1. Sumber Pembiayaan : Sebagai salah satu sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya.
2. Penyebaran Kepemilikan perusahaan : Sebagai tempat untuk penyebaran kepemilikan perusahaan kepada masyarakat.
3. Keterbukaan dan Profesionalisme : Salah satu industri yang sangat terbuka dan menjujung tinggi profesionalisme sehingga akan mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat.

Bagi pemerintah dan masyarakat, manfaat dari pasar modal antara lain: 
1. Lapangan kerja : Menciptakan lapangan kerja/ profesi bagi masyarakat, baik sebagai pelaku pasar maupun investor.
2. Mendorong Laju Pembangunan: Perusahaan yang mendapatkan pembiayaan dari pasar modal akan turun melakukan ekpansi sehingga mendorong pembangunan di pusat dan daerah.


Sumber: Buku Pasar modal (OJK) untuk perguruan tinggi, diolah


from HOT COFFEE http://razzratu.blogspot.com/2017/09/peran-dan-manfaat-pasar-modal-bagi.html


Top