Sabtu, 20 Mei 2017

Dasar: Membuat Sebuah Inputan Pada C++

Hello flen, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pemrograman yang membahas tentang Membuat Sebuah Inputan Pada C++. Sebelum menjelaskan tentang membuat sebuah inputan pada program C++, ada sedikit penjelasan dari saya mengenai tentang inputan. Inputan (masukan) ialah interaksi pengguna dengan program, dengan memungkinkan suatu program dapat menerima data dari pengguna yang biasanya berbentuk text, file, gambar, hardcopy dan lain-lain. Dalam bahasa pemrograman C kita dapat melakukan perintah input dasar text dengan menggunakan funsi printf(), puts(), putchar. Namun dalam bahasa C++ sendiri, dapat melakukannya dengan menggunakan "cin".

Untuk menggunakan cin anda, membutuhkan Extraction Operator dengan tanda ">>" yang diletakan di antara keyword "cin" dan memori.

Sebelum itu anda juga harus tau bahwa si pengguna memasukan data yang berarti program akan membutuhkan tempat untuk menyimpan data yang  telah si pengguna berikan (seperti anda mengambil nasi dan membutuhkan tempat, yaitu piring atau mangkuk). Dalam komputer tempat tersebut dinamakan sebagai memori, dan memori dapat dipesan oleh bahasa pemrograman dengan cara mendirikan variabel. Maka data yang diberikan oleh pengguna dalam operasi pemasukan (input) akan disimpan di dalam memori variabel yang telah kita dirikan.

Selanjutnya langsung saja pada inti pembahasan cara Membuat Sebuah Inputan Pada Program C++, berikut dibawah ini langkahnya:

1.Buka Borland C++ anda
2.Pilih File > New > Text Edit
3.Tuliskan coding dibawah ini:

#include<conio.h>
#include<iostream.h>
#include<stdio.h>

main()
{

char nama[50], deskrip[500], owner[50];

//Input pada c++

cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<"\t\t====================Input Data=================\t\t";
cout<<endl;
cout<<endl;

cout<<"Masukan nama blog\t: ";cin.getline(nama, sizeof(nama));
cout<<"Masukan deskripsi\t: ";cin.getline(deskrip, sizeof(deskrip));
cout<<endl;
cout<<"Masukan owner\t\t: ";cin.getline(owner, sizeof(owner));

cout<<endl;
cout<<"\t\t====================Hasil Input=================\t\t";
cout<<endl;

cout<<"\nNama blog\t\t: "<<nama;
cout<<"\nDeskripsi\t\t: "<<deskrip;
cout<<endl;
cout<<"\nOwner blog\t\t: "<<owner;

getch();
}

Hasil outputnya akan tampil seperti gambar dibawah ini:

helloflen

Catatan: getline, sizeof yaitu untuk membuat spasi, \t untuk membuat tab dan untuk selebihnya anda bisa cek disini tentang Struktur Program C++

Setelah anda membuat coding tersebut, untuk menjalankan programnya pilih Debug > Run atau bisa juga anda tekan Ctrl+F9, tetapi lebih baik anda compile terlebih dahulu untuk mengecek coding tersebut bila ada terjadi kesalahan. Untuk melakukan compile coding, yaitu pilih Project > Compile atau bisa juga anda tekan Alt+F9.

Sekian penjelasan mengenai cara Membuat Sebuah Inputan Pada C++. Semoga dapat membantu anda pada saat mengerjakan suatu program ataupun sedang belajar mengenai pemrograman C++.

from HELLO FLEN http://www.helloflen.com/2017/05/dasar-membuat-sebuah-inputan-pada-c-plusplus.html


Top