Senin, 10 April 2017

Mengenang Sang Pelopor Musik Grunge: Kurt Cobain

Hello flen, info musik kali ini saya akan membuat artikel tentang Mengenang Sang Pelopor Musik Grunge: Kurt Cobain. Sedikit penjelasan mengenai apa itu Grunge? Grunge (terkadang suka disebut juga dengan Seattle sound) adalah sebuah sub genre dari rock alternatif yang muncul pada pertengahan tahun 1980-an di negara Amerika Serikat, Washington, khususnya di wilayah Seattle. Terinspirasi dari musik punk rock, heavy metal dan indie rock, musik grunge umumnya dikenali melalui suara distorsi gitar yang berat dan lirik melankonis atau apatistik.

Pada awal mula grunge mulai terlihat pada akhir tahun 1980-an di sekitar Seattle melalui label independen Sub Pop. Grunge menjadi sukses secara komersial pada tahun 1990-an, terutama karena dirilisnya album Nevermind oleh Band Nirvana. Keberhasilan band-band ini meningkatkan popularitas rock alternatif dan membuat musik grunge menjadi suatu bentuk musik yang paling populer pada kala waktu itu. Namun, banyak band grunge tidak nyaman dengan popularitas. Meskipun banyak band grunge yang bubar atau menghilang pada akhir tahun 1990-an, pengaruh mereka terus memiliki dampak bagi perkembangan musik rock modern.

helloflen

Siapa itu Kurt Cobain? Kurt Cobain lahir di Aberdeen, 20 Februari 1967 dan meninggal di Seattle, 5 April 1994 pada umur 27 tahun. Cobain menikah dengan Courtney Love pada 24 Februari 1992 di Waikiki, Hawaii dan mempunyai anak yaitu Frances Bean Cobain. Dia ‘Kurt Cobain’ adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan gitaris musik Grunge diband Nirvana dari Seattle. Dengan suksesnya grup musik ini, Cobain menjadi selebriti nasional dan internasional, suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati.

Pada 1991, melejitnya lagu Cobain yang paling terkenal yaitu “Smells Like Teen Spirit” yang menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer pada tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop menjadi grunge dan rock alternatif.

Kematian Kurt Cobain sampai sekarang masih menjadi misteri, kematiannya itu diduga bunuh diri, namun ada juga yang bilang kematiannya pun diduga karena dibunuh. Kematian Kurt Cobain dilaporkan oleh media massa Amerika sebagai bunuh diri, Namun begitu setahun selepas kematiannya itu timbul berbagai gosip angin tentang kematian Cobain. Gosip-gosip itu kelihatan lebih jelas dengan beberapa bukti yang ditemukan oleh beberapa orang penyelidik.

helloflen

Penyelidik sosial Stewart yang juga salah seorang pemerhati di dunia musik, percaya bahwa Kurt Cobain tidak bunuh diri, akan tetapi dibunuh. Stewart juga mendakwa bahwa Kurt dibunuh oleh seseorang, kemungkinan seesorang itu ialah anggota Mafia yang juga pernah mengintimidasi personel Nirvana lainnya karena enggan membayar uang keamanan/perlindungan. Tetapi sampai saat ini kabar misteri kematian Kurt cobain masih dinyatakan bunuh diri, sebelum ada bukti yang mengatakan bahwa dia telah dibunuh.

Bersama musisi terkenal lainnya seperti Jim Morrison, Jimi Hendrix, Janis Joplin, dan Brian Jones, Kurt Cobain menjadi musisi lain yang meninggal di usia 27 tahun. Berdasakan buku “Heavier Then Heaven” sebuah buku diskografi Kurt Cobain, saudara perempuan Cobain mengungkapkan bahwa ketika Cobain masih anak-anak, ia pernah menyatakan bahwa dirinya ingin bergabung ke dalam 27 Club, yaitu dimana club tersebut adalah musisi yang meninggal pada usia 27 tahun. Tetapi yang jelas kematian Kurt Cobain sudah menjadi takdir Tuhan. Quote dari Kurt Cobain: “Wanting to be someone else is a waste of the person you are”.


from HELLO FLEN http://helloflen.blogspot.com/2017/04/mengenang-sang-pelopor-musik-grunge-kurt-cobain.html


Top