Kamis, 03 November 2016

TEORI EKONOMI MIKRO


Titik awal perkembangan ilmu ekonomi modern dianggap dimulai pada saat Adam Smith (1723-1790) menerbitkan bukunya yang berjudul An Iquiri into the Nature and Causes of the Wealth of Nations, yang kemudian dikenal sebagai Wealth of Nations (1776).



Gejala-gejala ekonomi seperti kenaikan harga barang dan pengangguran menunjukkan adanya gangguan keseimbangan system ekonomi. Kerenanya, masalah ekonomi akan teratasi jika eknomi dikembalikan kepada kondisi keseimbangan.



Adam Smith sangat percaya bahwa mekanisme pasar akan menjadi alat alokasi sumber daya yang efisien, jika pemerintah tidak ikut campur dalam perekonomian.



Ada 2 asumsi yang harus ditambahkan :

Asumsi pertama, adalah proses penyesuaian lewat mekanisme pasar dapat tercapai seketika itu juga. Artinya, dalam proses pertukaran, individu-individu yang terlibat tidak terbatasi waktu dan tempat.

Asumsi kedua,  adalah fungsi uang semata-mata sebagai alat transaksi.



Jika setiap individu dalam perekonomian telah mencapai keseimbangan, maka perekonomian secara total mencapai keseimbangan. Itulah sebabnya Teori Klasik identic dengan teori ekonomi mikro. Karena permintaan relative tidak terbatas berdasarkan hukum say, maka masalah sentral perekonomian adalah penawaran, baik penawaran input maupun output.


Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from Emravy http://emravy.blogspot.com/2016/11/teori-ekonomi-mikro.html
Terima Kasih Telah membaca TEORI EKONOMI MIKRO pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top