Sabtu, 12 November 2016

Ekspor Tanpa Nilai Tambah, Ekonomi RI Seperti Zaman Penjajahan Belanda


Malang, Jawa Timur, Indonesia - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam sambutan diskusi di Perbanas mengatakan, Indonesia saat ini meski sudah berpuluh-puluh tahun merdeka namun perekonomiannya masih seperti zaman penjajahan Belanda.
Isu di pilar ekonomi, sebenarnya kalau kita lihat sejarah ekonomi kita, ekonomi kita itu hampir tidak berbeda dengan waktu masih dijajah Belanda," tegas Bambang di Jakarta, hari Sabtu (12/11/2016).
Statement Bambang bukan tanpa alasan. Sebab, kata dia, dulu saat Belanda mulai masuk ke Indonesia, mereka mengincar kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.
Apa yang mereka kejar? Sumber daya alam (SDA) Indonesia. Portugis, Spanyol, Belanda mengejar rempah-rempah," turut Kepala Bappenas itu. 
Akhirnya, kalau kita lihat ekonomi Indonesia yang katanya sudah modern, tapi secara basic masih mirip dengan Belanda. Selama ini kalau kita ekspor kita bangga ekspor kita besar padahal yang kita ekspor cuma batu bara dan nikel. Itu nggak ada proses nilai tambahnya," ungkap dia. 
Tugas generasi muda saat ini, kata Bambang, harus bisa menjadi pahlawan ekonomi masa depan yang tidak lagi mengeskpor kekayaan SDA Indonesia sebagai bahan mentah melainkan menciptakan nilai tambah dengan melakukan kreasi dan inovasi.


Sumber:economy.ekozone.com

Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from HIMAKA UNITRI http://www.himakaunitri.com/2016/11/ekspor-tanpa-nilai-tambah-ekonomi-ri.html
Terima Kasih Telah membaca Ekspor Tanpa Nilai Tambah, Ekonomi RI Seperti Zaman Penjajahan Belanda pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top