Kamis, 20 Oktober 2016

PENGERTIAN AKUNTANSI


Definisi Akuntansi

Adalah suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenahi aktivitas bisnis dari suatu satu kesatuan ekonomi.
            Proses Akuntansi akan menghasilkan informasi Laporan Keuangan yang sangat berguna bagi para pemakai informasi keuangan baik untuk internal perusahaan maupun pihak diluar perusahaan termasuk pemerintah. 


Pemakai Informasi Akuntansi

  1. Individu, masyarakat umum menggunakan informasi akuntansi untuk kepentingan tertentu, misalnya melakukan investasi atau mau menyewa atau membeli rumah.

  1. Pemodal / Investor, investor membutuhkan informasi akuntansi mengenahi posisi keuangan suatu perusahaan untuk mengetahui prospek perusahaan dimasa mendatang.


  1. Kreditor, bank dan para rekanan membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi pembayaran sesuai penjadwalan.

  1. Badan Pemerintah, seperti Kantor Pajak sangat berkepentingan untuk mengetahui pelaporan perpajakan dari suatu perusahaan atau perorangan.


  1. Manajemen, pimpinan perusahaan merupakan pihak yang paling banyak membutuhkan informasi akuntansi untuk pengambilan suatu keputusan.

  1. Akuntansi Nir Laba, Organisasi Nir Laba , seperti rumah sakit, badan-badan pemerintah dan sekolah-sekolah yang beroperasi dengan tujuan bukan untuk mencari laba juga menggunakan informasi akuntansi sebagaimana yang dilakukan oleh lembaga-lembaga lainnya.


Terima Kasih Kepada google.com , google.co.id , Bing , Yahoo
from Ekonomi & Bisnis http://emravy.blogspot.com/2016/10/pengertian-akuntansi.html
Terima Kasih Telah membaca PENGERTIAN AKUNTANSI pada blog kami Bangsa Jurnal , semoga bermanfaat bagi kita semua


Top