Kamis, 01 September 2016

Jawab Pertanyaan ini Sebelum Ingin Naik Gaji


Dalam suatu perusahaan, seorang karyawan tentu berhak mendapat kenaikan gaji. Apalagi jika kamu sudah lama bekerja, maka meminta kenaikan gaji adalah hal yang wajar. Tapi sebelum sibuk meminta kenaikan gaji coba tanyakan hal ini kepada diri kamu. Benarkah kamu sudah layak mendapatkan kenaikan gaji?
Berikut adalah pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum maju kepada atasan untuk meminta penyesuaian jumlah gaji. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Bagaimana kondisi perusahaan?

Meskipun perusahaan ini bukan milik kamu, tapi mengetahui kondisi keuangan perusahaan sangat penting. Jangan sampai perusahaan sedang tidak baik, kamu justru meminta kenaikan gaji. Hal ini sungguh tidak lah baik tentunya. Sebelum memutuskan hal ini, lebih baik pelajari situasinya. Jangan sampai hal ini justru menghambat karier kamu di masa depan.

2. Apa yang sudah kamu berikan?

Sebelum bertanya apa yang diberikan perusahaan kepada kamu, coba tanyakan apa yang sudah kamu berikan kepada perusahaan. Sudahkan kamu bekerja dengan sebaik mungkin? Sudahkah kamu memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan ? Jika kamu ingin mendapat hak kamu maka penuhilah kewajibanmu terlebih dahulu. Jangan sampai, kamu bekerja seadanya tapi sibuk menuntut kenaikan gaji. Bukannya mendapat apresiasi, justru permintaan kamu tidak diperhatikan.

3. Apakah waktunya tepat?

Carilah waktu yang tepat untuk berdiskusi tentang kenaikan gaji bersama atasan. Jangan sampai saat dia sibuk Anda ingin membicarakannya karena pasti atasanmu akan tidak memperdulikannya. Mulailah dengan meminta evaluasi penilaian terhadap kinerja kamu. Jika memang hasilnya positif, maka saat itulah waktu yang tepat untuk meminta pertimbangan untuk kenaikan gaji kepada atasanmu.
Menerima gaji yang sesuai dengan kinerja kamu sangat penting. Tapi ingat, minta hak kamu sesuai dengan kewajiban kamu.


Top