Minggu, 17 Agustus 2014

Keuntungan Maksimum dalam Pasar Oligopoli


Di dalam melihat pemaksimuman keuntungan dalam suatu perusahaan oligopoli, harus diperhatikan terlebih dahulu bagaimana tujuan itu dicapai apabila perusahaan-perusahaan tidak membuat kesepakatan. Dalam membuat analisis perlu disadari bahwa walaupun tidak terdapat kesepakatan, setiap perusahaan dalam pasar saling berkaitan satu sama lainya. Setiap tindakan yang dilakukan suatu perusahaan akan menimbulkan implikasi terhadap perusahaan lainya. Apabila implikasi tersebut merugikan perusahaan-perusahaan lainya, maka mereka akan melakukan tindakan balasan.

Ciri yang kental berkaitan dengan perusahaan-perusahaan dalam pasar Oligopoli antara lain ketika dalam pasar Oligopoli penurunan harga dari sesuatu perusahaan berkecenderungan akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lain akan menurunkan harga juga, agar mereka tidak kehilangan pelanggan begitu pula yang terjadi apabila perusahaan tersebut mencoba menaikan harga. Dengan demikian disimpulkan bahwa tidak ada alasan kepada perusahaan-perusahaan lain tersebut untuk merubah tingkat harganya. Perusahaan-Perusahaan tersebut akan memperoleh lebih banyak keuntungan apabila tidak merubah harga.



Dalam pasar Oligopoli dimana perusahaan-perusahaan tidak melakukan kesepakatan di antara mereka, tingkat harga adalah bersifat rigid, yaitu bersifat sukar untuk mengalami perubahan. Ia cenderung untuk tetap berada pada tingkat harga yang telah ditetapkan pada permulaanya. Jadi pada saat harga yang berlaku di masyarakat sama seperti pada permulaan penetapan harga, saat itu pula dapat dicapai keuntungan maksimum.


Top