Rabu, 14 Desember 2011

Definisi Demografi (Ilmu Kependudukan)


Apakah sebenarnya makna atau definisi demografi itu sendiri? Berikut ini adalah makna dari ilmu kependudukan (Fawcett, 1984: 9):
Demografi merupakan studi statistik tentang penduduk, terutama menurut besar dan kepadatannya, menurut pembagiannya, dan menurut angka-angka statistik mengenai kelahiran, kematian, dan lain-lain. Definisi ini sudah menunjukkan inti yang menjadi dasar demografi.


            Ada juga seorang ahli lain yang mendifinisikan makna demografi sebagai berikut (Goldscheider, 1985:2):
Demografi adalah studi ilmiah yang sistematik mengenai peristiwa-peristiwa kependudukan baik dalam bentuk perorangan maupun kelompok.

Ilmu kependudukan berdiri di atas beberapa dasar yang mempunyai tekanan yang berbeda-beda namun saling berhubungan. Oleh karena itu perlu ditentukan terlebih dahulu arah pendekatan yang akan digunakan.
            Berikut ini merupakan faktor-faktor yang dimasukkan sebagai unsur integral dari sistem kependudukan (Goldscheider, 1985:9):
1.      Fertilitas (kelahiran).
2.      Mortalitas (kematian).
3.      Migrasi, yaitu migrasi masuk (imigrasi) dan migrasi keluar (emigrasi).
4.      Struktur penduduk, yaitu distribusi umur dan jenis kelamin.
5.      Komposisi penduduk, yaitu “ciri-ciri” sosio demografis penduduk yang luas lingkupnya antara lain status perkawinan, pendapatan, ras, pendidikan dan pekerjaan serta agama.
6.      Distribusi penduduk, yaitu persebaran dan lokasi penduduk dalam suatu wilayah tertentu.


Top